get app
inews
Aa Read Next : Uang Palsu Rp22 Miliar akan Ditukar Uang Asli yang Siap Dimusnahkan Bank Indonesia

Warta Tangerang Ditangkap, Beli HP dengan Uang Palsu 

Senin, 09 Oktober 2023 | 11:34 WIB
header img
Ilustrasi penangkapan. (okezone)

TANGERANG, iNews.Serpong.id - Masyarakat diimbau hati-hati saat bertransaksi jual beli melalui marketplace di media sosial (medsos), terlebih dengan sistem COD yang rentan terhadap tindak kejahatan. Imbauan itu disampaikan Kapolsek Ciledug, AKP Diorisha Suryo, terkait seorang pemuda berinisial S (23) yang ditangkap polisi karena bertransaksi menggunakan uang palsu. Warga Sudimara, Kota Tangerang, itu kedapatan membeli handphone (HP) lewat media sosial dan membayarnya menggunakan uang palsu berupa pecahan Rp 50.000 sebanyak 19 lembar. 

AKP Diorisha Suryo mengungkapkan, pelaku mendapatkan uang palsu tersebut dari orang lain. Uang itu didapat dari hasil penjualan HP sebelumnya. "Pelaku S melakukan COD dengan penjual di depan Rumah Sakit Bhakti Asih, Karang Tengah. Saat dilakukan pembayaran cash, korban menyadari kalau uang yang diberikan adalah palsu dan segera melaporkan ke unit Reskrim Polsek Ciledug," kata Diorisha, Minggu(8/10/2023). 

Dia menjelaskan, pihaknya masih memburu pelaku lain yang terlibat pada jaringan peredaran uang palsu melalui medsos itu. Sebab, terdapat sejumlah pengaduan masyarakat yang resah dengan peredaran uang palsu saat bertransaksi secara Cash on Delivery (COD). "Saat ini, kami (polisi) masih memburu pelaku lainnya yang terlibat dalam peredaran uang palsu tersebut," ujarnya. (*)

Editor : Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut