get app
inews
Aa Read Next : Cek Daftarnya, Ini 25 Merek Kurma dari Israel yang Diboikot

Pasar Migas Dunia Bergejolak, Eskalasi Perang di Gaza Kian Meningkat

Senin, 30 Oktober 2023 | 06:05 WIB
header img
Pasar Migas Dunia Pantau Eskalasi Perang di Gaza. (Foto: MNC Media)

 

JAKARTA,iNewsSerpong.id – Rencana Israel melaksanakan invasi darat ke wilayah Hamas di Gaza, Palestina memicu tekanan pada Pasar minyak dan gas dunia. Dilansir dari Bloomberg pada Minggu (29/10/2023), risiko terbesar bagi harga minyak mentah tetaplah meluasnya perang antara Israel dan Hamas di Gaza ke wilayah lainnya di Timur Tengah

Timur Tengah memasok sekitar sepertiga minyak dunia. Iran, salah satu produsen minyak utama, adalah sekutu Hamas. Iran sempat memperingatkan respons keras jika Israel melakukan invasi ke Gaza. Tehran juga memiliki hubungan dekat dengan kelompok Hizbullah di Lebanon.

"Kekhawatiran bahwa perang dapat meluas menjadi konflik regional yang lebih luas - yang berpotensi mengganggu pasokan minyak - memang meningkatkan risiko kenaikan harga minyak," kata Giovanni Staunovo, seorang analis komoditas di UBS Group AG.

Pada Jumat, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) melonjak 3,2% ke atas USD85 per barel. Harga WTI sempat melampaui USD90 per barel beberapa waktu lalu.

Lonjakan harga minyak terbatas karena sejauh ini belum ada dampak nyata Perang Gaza kepada suplai minyak global. (*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut