get app
inews
Aa Read Next : Keutamaan Sholat Tahajud di Bulan Ramadhan 2024, Bolehkan Dilakukan Meski Sudah Sholat Tarawih

Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahan Beserta Keutamaan Doa Setelah Sholat Tahajud

Sabtu, 11 November 2023 | 07:34 WIB
header img
Doa setelah sholat tahajud lengkap tulisan Arab, Latin, dan terjemahan berikut ini jadi salah satu doa (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Doa setelah sholat tahajud lengkap tulisan Arab, Latin, dan terjemahan berikut ini jadi salah satu doa yang wajib untuk diketahui dan dihafalkan setiap umat Muslim. 

Sholat tahajud merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan. Adapun anjuran untuk melaksanakan sholat itu termaktub dalam Al-Qur'an surat Al Isra Ayat 79, 

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Latin: Wa minal-laili fatahajjad bihī nāfilatal lak(a), ‘asā ay yab‘aṡaka rabbuka maqāmam maḥmūdā(n).

Artinya: Pada sebagian malam lakukanlah sholat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

Untuk pelaksanaanya, sholat tahajud dikerjakan minimal sebanyak dua rakaat dengan satu kali salam. Selain itu, sholat sunnah ini dapat dilaksanakan setelah bangun tidur atau pada waktu 1/3 malam. 

Terdapat doa setelah sholat tahajud lengkap tulisan Arab, Latin, dan terjemahan yang dapat diamalkan. Berikut iNews.id akan berikan ulasannya dirangkum dari  laman MUI, Jumat (10/11/2023). 

Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahan

Arab: 

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْححَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِييُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Latin: 

Allahumma rabbana lakal hamdu anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqa’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naru haq. Wan nabiyyuna haq. Wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wasallama haq. Was sa‘atu haq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Terjemahan: 

“Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya.

Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku.

Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Keutamaan Sholat Tahajud

1. Mempertebal Keimanan

Salah satu keutamaan sholat tahajud adalah mempertebal keimanan seorang Muslim. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an surat Al Muzzammil Ayat 1-6, 

"Hai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk sembahyang) pada malam hari. kecuali sedikit (daripadanya). (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. Atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al-Qur'an itu dengan perlahan-lahan. Sesungguhnya, kami akan menurunkan bacaan pada waktu itu lebih berkesan," (QS Al-Muzzammil: 1-6)

2. Termasuk Golongan Orang yang Beriman

Orang-orang yang terbiasa menjalankan sholat tahajud termasuk ke dalam golongan orang yang beriman. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman pada Al-Qur'an surat Al-Furqan ayat 63-64, 

"Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan. Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka," (QS Al Furqan: 63-64)

3. Mendapatkan Kebaikan dan Ampunan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala

Setiap seorang Muslim yang mengerjakan sholat tahajud, ia akan mendapatkan rahmat, ampunan, dan kebaikan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Sebagaimana terkandung pada Al-Qur'an surat Az-Zariyat ayat 15-18, 

"Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman (surga) dan mata air-mata air. Sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam," (QS Az Zariyat: 15-18)

Demikianlah doa setelah sholat tahajud lengkap tulisan Arab, Latin, dan terjemahan beserta keutamaannya. Semoga bermanfaat!

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut