get app
inews
Aa Read Next : Maarten Paes Belum Bisa Perkuat Timnas Indonesia Lawan Arab Saudi

Kalah 1-5 dari Irak, Shin Tae-yong Sebut Gol Ketiga Rusak Fokus Timnas Indonesia

Jum'at, 17 November 2023 | 14:53 WIB
header img
Timnas Indonesia saat menghadapi Timnas Irak, Kamis (16/11/2023) malam. (iNews.id)

BASRA, iNews.Serpong.id – Timnas Indonesia menelan kekalahan telak 1-5 dari Timnas Irak dalam laga pertama Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Basra Sport City Stadium, Kamis (16/11/2023) malam WIB. Pelatih Indonesia Shin Tae-yong menyebut, di laga itu gol ketiga momen yang merusak fokus anak asuhnya. 

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong sebut momen penghancur konsentrasi saat lawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dia mengatakan gol ketiga yang merusak fokus pasukannya. Timnas Indonesia menelan kekalahan telak 1-5 dari Timnas Irak dalam laga pertama Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Duel digelar di Basra Sport City Stadium, Kamis (16/11/2023) malam WIB. 

Tim Merah-Putih langsung tertinggal 0-2 dari tim tuan rumah lewat gol Bashar Resan (20’) dan gol bunuh diri Jordi Amat (35’). Namun, mereka sempat memperkecil ketertinggalan via gol Shayne Pattynama di penghujung babak pertama. Indonesia pun bermain lebih menyerang di awal babak kedua untuk bisa menyamakan kedudukan. 

Sayangnya, strategi itu justru menjadi bumerang karena Irak mampu menorehkan gol ketiga pada menit 61 lewat Osama Rashid. Bahkan, tim arahan Jesus Casas itu berhasil mencetak dua gol tambahan lagi via Youssef Amyn (81’) dan Aldin El-Zubaidi (89’). 

Usai pertandingan, Shin Tae-yong mengungkapkan gol ketiga Irak menghancurkan rencananya untuk membuat Indonesia bangkit dari keterpurukan. Sebab, Marc Klok dan kolega bermain dengan lebih menyerang saat tertinggal 1-2 agar bisa menyamakan kedudukan, tetapi kenyataannya malah kebobolan gol ketiga. 

“Ini pertandingan yang sulit bagi kami. Gol ketiga Irak menghancurkan rencana kami, karena kami ingin bermain untuk mengejar ketertinggalan supaya mendapatkan skor imbang, dan kami bermain dengan cara yang ofensif,” kata Shin Tae-yong, Kamis (16/11/2023). “Kami mencoba untuk bangkit kembali. Namun, upaya kami tidak berhasil.” 

Pada laga lainnya di Grup F, Vietnam berhasil memetik kemenangan atas Filipina dengan skor 2-0. Dua gol kemenangan Vietnam berasal dari Nguyen Van Toan (16') dan Nguyen Bac Dinh (90+4). 

Dengan hasil tersebut, Irak sementara duduk di puncak klasemen Grup F dengan torehan tiga poin. Mereka hanya unggul selisih gol dari Vietnam yang memiliki poin yang sama. Indonesia tercecer di posisi buncit Grup F karena kalah selisih gol dari Filipina yang sama-sama belum mendapatkan poin. Selanjutnya, Pasukan Garuda akan bertandang ke markas Filipina, Selasa (21/11/2023) di Rizal Memorial Stadium. (*)

Editor : Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut