JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) membocorkan kabar terbaru mengenai rencana TikTok membuka platform e-commerce di Indonesia.
Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM, Deputi Bidang UKM, Kementetian Koperasi dan UKM, Temmy Satya Permana, mengungkapkan kemungkinan besar TikTok akan menggandeng perusahaan e-commerce lokal.
"Ada beberapa versi udah saya dengar, tapi saya belum berani ngomong, tapi kemungkinan dia (TikTok) akan bergabung dengan (e-commerce lokal), kemungkinan ya, karena kalau dari bikin PT sendiri kayaknya nggak," ucap Temmy saat ditemui di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM), Jakarta, Jumat (17/11/2023).
"Tapi kita lihat nanti, yang pasti apapun nanti pola yang dijalankan oleh TikTok Shop, dia harus comply dengan regulasi kita," sambungnya.
Kendati demikian, Temmy enggan membocorkan platform e-commerce mana yang nantinya akan digandeng oleh TikTok. Temmy memastikan bahwa ia sudah mendapatkan informasi bahwa TikTok akan membuka e-commerce di Indonesia.
"Buka (e-commerce). informasi yang saya dapat dari TikTok mereka akan buka dan akan comply," ungkap Temmy.
"Mereka nggak sanggup dalam waktu satu minggu memenuhi regulasi. Terutama memisahkan antara social commerce dengan social medianya," ujar Temmy.
Sebelumnya, TikTok dikabarkan telah melakukan komunikasi dengan perusahaan-perusahaan lokapasar atau e-commerce di Indonesia untuk mengajak mereka menjalin kemitraan.
Berdasarkan laporan Reuters, Senin (13/11/2023), TikTok disebutkan telah melakukan pembicaraan dengan lima perusahaan e-commerce di Tanah Air mulai dari Tokopedia hingga Bukalapak.
(*)Editor : Syahrir Rasyid