get app
inews
Aa Read Next : 2 SUV Listrik dari Neta Siap Diproduksi di Indonesia pada Tahun ini

Pasar Mobil MPV di Indonesia Belum Kiamat Walau Digerus Habis SUV

Rabu, 06 Desember 2023 | 05:00 WIB
header img
Mitsubishi XForce. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Tren pasar otomotif di Indonesia menunjukkan dominasi mobil SUV yang terus menguat. Kedatangan berbagai model SUV baru telah menggeser minat konsumen dari mobil MPV seperti Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan lainnya.

Data dari Gaikindo mencatat peningkatan signifikan pasar SUV sebesar 92 persen antara tahun 2020 dan 2022, sementara pasar MPV cenderung stagnan.

Hal itu dikuatkan oleh pernyataan Direktur Divisi Pemasaran dan Penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Tetsushiro Tsuchida, yang mengakui peningkatan pasar SUV.

Hanya Bersifat Sementara

Meskipun demikian, Tetsushiro meyakini bahwa tren ini hanya bersifat sementara. Menurutnya, masyarakat Indonesia cenderung memilih mobil yang dapat mengangkut banyak orang, yang menjadi alasan meningkatnya minat pada SUV.

Namun, dia yakin bahwa tren ini akan kembali ke preferensi sebelumnya, di mana mobil MPV mendominasi sekitar 70 persen dari pasar otomotif Indonesia.

Tetsushiro menegaskan bahwa saat ini Mitsubishi memiliki beragam model MPV dan SUV di pasaran.

Mereka mengandalkan Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross untuk segmen MPV, sementara di segmen SUV, mereka memiliki Mitsubishi Pajero Sport dan varianterbaru mereka, Mitsubishi XForce.

Strategi Mitsubishi saat ini adalah mengikuti kebutuhan pasar dengan menyediakan produk yang diminati oleh konsumen. (*)

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut