get app
inews
Aa Read Next : Pelat RF Sudah tak Berlaku Kini Berganti Pelat ZZ

Ternyata tidak Sulit Gesek Nomor Mesin secara Manual

Minggu, 17 Desember 2023 | 05:00 WIB
header img
Cara gesek nomor mesin secara manual perlu diketahui pemilik kendaraan. (Foto: YouTube Surya Putra Son)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pemilik kendaraan setidaknya harus paham cara menggesek nomor mesin secara manual, terutama saat akan melakukan penggantian pelat nomor.

Nomor mesin atau nomor rangka motor adalah identitas penting dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Melalui nomor tersebut, pemilik dapat memahami asal kendaraan, tahun rilis, dan informasi nomor mesin yang diperlukan saat melakukan penggantian plat atau perpanjangan STNK lima tahun sekali.

Berikut langkah-langkah cara menggesek nomor mesin secara manual:

  1. Siapkan Bahan Sebelum melakukan penggesekan nomor mesin, siapkan peralatan berikut: Kertas stiker berwarna kuning dari SAMSAT, Pensil, Pemotong kertas
  2. Temukan Nomor Mesin Nomor rangka motor umumnya berada di bawah jok motor pada motor matik. Namun, pada motor manual, letaknya tidak tetap; bisa berada di bagian atas roda depan atau belakang. Lakukan pengecekan menyeluruh.
  3. Gesek Nomor Mesin pada Stiker Setelah menemukan nomor mesin, geseklah nomor tersebut pada stiker atau kertas HVS dengan pensil.
  4. Geseklah perlahan secara berulang hingga nomor rangka tercetak pada stiker atau kertas HVS. Lepaskan kertas tersebut dengan hati-hati agar tidak merusaknya. (*)


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Senin, 27 November 2023 - 17:15 WIB oleh Rizky Darmawan dengan judul "Cara Gesek Nomor Mesin secara Manual, Ternyata Mudah!".

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut