get app
inews
Aa Read Next : KISAH SUKSES: Berkat AI, Charles Liang Masuk Jajaran Orang Terkaya di Dunia, Hartanya Tembus Rp98 T

Siapa Orang Terkaya di Asia 2023? Simak Versi Forbes

Jum'at, 01 Desember 2023 | 06:45 WIB
header img
Daftar Orang Terkaya di Asia 2023. (foto: insideretail)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Daftar orang terkaya di Asia 2023 menurut Forbes membuat penasaran banyak orang. Lantas, apakah ada yang berasal dari Indonesia?

Forbes, majalah bisnis asal Amerika Serikat, rutin merilis daftar orang terkaya di dunia melalui pemeringkatan Real Time Billionaires. Daftar tersebut juga mencakup orang terkaya di Asia per November 2023.

Asia adalah benua dengan jumlah penduduk terpadat di dunia. Dari banyaknya penduduk tersebut, terdapat beberapa orang yang berhasil menjadi konglomerat dan memiliki kekayaan yang sangat besar.

Pengusaha asal India, Mukesh Ambani, yang merupakan bos Reliance Industries, berada di posisi teratas daftar orang terkaya di Asia. Meskipun secara global, posisinya berada di peringkat 15, namun di kawasan Asia, ia adalah yang terkaya.

Di posisi kedua, ada pengusaha asal Tiongkok, Zhong Shanshan, yang merupakan pemilik perusahaan air minum dalam kemasan Nongfu Spring. Di posisi ketiga, ada rekan senegara sekaligus rival Mukesh Ambani, Gautam Adani.

Berikut daftar orang terkaya di Asia berdasarkan data Real Time Billionaires Forbes, Rabu (29/11/2023).

Inilah Daftar Orang Terkaya di Asia 2023 

1. Mukesh Ambani (India)

Pengusaha asal India, Mukesh Ambani, menempati posisi teratas daftar orang terkaya di Asia pada November 2023. Ia merupakan pemilik dan CEO Reliance Industries, perusahaan induk yang menaungi berbagai bisnis di bidang minyak dan gas, telekomunikasi, ritel, dan lainnya. Kekayaan bersih Ambani mencapai 91,4 miliar dolar AS, menjadikannya orang terkaya ke-15 di dunia.

2. Zhong Shanshan (China)

Zhong Shanshan, taipan asal Tiongkok, menempati posisi kedua daftar orang terkaya di Asia pada November 2023. Ia merupakan pemilik dan Chairman Nongfu Spring, perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di Tiongkok. Kekayaan bersih Shanshan mencapai 64 miliar dolar AS.

3. Gautam Adani (India)

Konglomerat India, Gautam Adani, menempati posisi ketiga daftar orang terkaya di Asia pada November 2023. Ia merupakan pemilik dan Chairman Adani Group, konglomerasi yang bergerak di berbagai bidang bisnis, termasuk energi, infrastruktur, dan ritel. Kekayaan bersih Adani mencapai 51,4 miliar dolar AS.

4. Prajogo Pangestu (Indonesia)

Pengusaha asal Indonesia, Prajogo Pangestu, menempati posisi keempat daftar orang terkaya di Asia pada November 2023. Ia memiliki total kekayaan mencapai 46 miliar dolar AS, menjadikannya orang terkaya nomor satu di Indonesia.

5. Zhang Yiming (China)

Taipan asal Tiongkok, Zhang Yiming, menempati posisi kelima daftar orang terkaya di Asia pada November 2023. Ia merupakan pendiri ByteDance, grup media sosial yang menaungi platform populer Tiktok. Kekayaan bersih Zhang Yiming mencapai 43,4 miliar dolar AS.

6. Colin Huang (China)

Colin Huang adalah pendiri sekaligus pemegang saham utama di PDD Holdings, perusahaan e-commerce Tiongkok yang berganti nama dari Pinduoduo pada Februari 2023. Ia memiliki total kekayaan sebesar 40 miliar dolar AS.

7. Tadashi Yanai & Keluarga (Jepang)

Tadashi Yanai & Keluarga menempati posisi ketujuh daftar orang terkaya di Asia pada November 2023. Tadashi Yanai adalah pengusaha asal Jepang yang merupakan Chairman dan pemegang saham terbesar di perusahaan retail pakaian terbesar di Asia, Fast Retailing. 

Perusahaan ini menjadi induk dari brand pakaian populer, Uniqlo. Adapun jumlah kekayaan Tadashi Yanai & Keluarga sebesar 37,2 miliar dolar AS.

Itulah daftar orang terkaya di Asia 2023, di mana sebagian besar didominasi oleh pengusaha asal India dan Tiongkok. Kekayaan mereka merupakan buah dari kerja keras dan inovasi dalam berbagai bidang bisnis.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut