get app
inews
Aa Read Next : Aion Mobil Listrik Baru dari China, Siap Jajal Pasar Otomotif Indonesia  

Sarinah Nanti Bisa Dikunjungi di Arab dan China serta India

Jum'at, 08 Desember 2023 | 06:26 WIB
header img
Sarinah bakal go international lebih luas akan buka cabang di Arab hingga China. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan PT Sarinah (Persero) akan membuka gerai UMKM di Saudi Arabia, China, dan India dengan nama Windownesia.

Sebelumnya, Sarinah telah membuka gerai UMKM di Terminal Kedatangan, Perth Airport TNG Pty Ltd, 2 George Wiencke Drive Perth Airport, Australia.

"Kemarin Sarinah, kita sudah membuka gerai UMKM dengan nama Windownesia di Perth, Australia. Sekarang kita ingin membuka gerai lagi, jika memungkinkan, di Saudi Arabia, China, dan India," ujar Erick saat konferensi pers UMKM Expo Brilianpreneur 2023 di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Masuk Pasar Global

Menurutnya, perluasan bisnis Sarinah ke pasar global adalah bentuk dukungan perseroan terhadap produk UMKM. Produk lokal yang akan dijual di gerai Sarinah di luar negeri akan melewati proses kurasi terlebih dahulu.

Erick Thohir Bertemu Sarinah, Diaspora Sukses Jual Produk RI di Hong Kong Selama 23 Tahun Proses kurasi ini menegaskan bahwa produk UMKM yang dijual di pasar internasional memiliki kualitas baik atau setara dengan produk global lainnya.

Langkah verifikasi itu diperlukan karena skema perdagangan produk lokal menggunakan sistem beli putus, bukan konsinyasi. Ini berarti kualitas menjadi faktor penting dari barang yang dijual karena ada pindah resiko setelah produk dibeli.

"Nah, kami di Kementerian BUMN melalui Sarinah mendukung kehadiran di Indonesia, di Perth. Dan ini adalah beli putus, bukan konsinyasi. Itu sebabnya saya menyatakan UMKM juga harus melalui kurasi. Sebab, jika orang membeli secara langsung, ada risiko tidak laku di negara lain," jelasnya.

Erick melanjutkan bahwa pemerintah telah mengambil sejumlah inisiatif agar produk UMKM bisa menembus pasar internasional. Hal ini bertujuan agar pelaku usaha mikro bisa meningkatkan kualitasnya.

"Nah, ini adalah hal-hal yang kami upayakan, namun kolaborasi antar stakeholder yang peduli terhadap UMKM harus terus berlanjut. Ini tentang kesinambungan, tidak bisa hanya BUMN yang bertugas sendiri," tambahnya. (*)

 
Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Top! Sarinah Bakal Buka Cabang di Arab hingga China Nih ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/top-sarinah-bakal-buka-cabang-di-arab-hingga-china-nih.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut