get app
inews
Aa Read Next : Sebelum Meninggal Istri Babe Cabita Unggah Foto : Sayangku, Surgaku, Duniaku

2 Pasien Meninggal, Kasus Covid-19 di Jakarta Naik Lagi, Masyarakat Diimbau Terapkan Prokes

Senin, 11 Desember 2023 | 18:58 WIB
header img
Kasus Covid-19 di Jakarta naik lagi hingga ada pasien yang meninggal dunia, masyarakat diimbau lakukan prokes serta segera vaksinasi. (Foto: iNews)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Waspada, kasus Covid-19 di Indonesia, termasuk DKI Jakarta. Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta melaporkan adanya penemuan 80 kasus pasien positif Covid-19.

Periode pelaporan kasus positif Covid-19 ini adalah dari tanggal 27 November hingga 3 Desember 2023, di mana 90% pasien memiliki gejala ringan dan 10% lainnya mengalami gejala sedang. Saat ini, para pasien sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Selain itu, terdapat dua orang pasien positif Covid-19 yang telah meninggal dunia pada Desember 2023. Hal ini terjadi setelah tidak ada catatan kematian Covid-19 selama dua bulan berturut-turut, yaitu dari Oktober hingga November di DKI Jakarta.

Riwayat Komorbid Hipertensi

Pasien yang meninggal adalah seorang wanita berusia 81 tahun dengan riwayat komorbid hipertensi, yang sudah menerima dosis ketiga vaksin dan dosis keempat. Pasien lainnya adalah wanita berusia 91 tahun dengan komorbid stroke dan gagal ginjal, yang belum divaksin sama sekali.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, dr Ngabila Salama, menjelaskan bahwa Covid-19 di Indonesia telah menjadi endemi sejak Juni 2023.

Karena itu, tanggung jawab utama kesehatan saat ini ada pada setiap individu. "Pemerintah mengimbau dan menyediakan. Meskipun belum diperlukan pembatasan aktivitas, pemerintah akan terus mengimbau dan menyediakan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (11/12/2023).

Ngabila menekankan kembali pentingnya menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, rajin mencuci tangan, menjaga ventilasi udara dalam ruangan, dan menghindari asap rokok.

Sementara itu, penyediaan yang dimaksud adalah melalui imunisasi rutin pada anak-anak yang telah disediakan gratis oleh pemerintah, serta vaksinasi Covid-19 hingga dosis lengkap yang tersedia dan gratis di puskesmas dan rumah sakit.

"Masyarakat rentan harus segera melengkapi vaksinasi Covid-19. Karena jika terpapar, berpotensi mengalami keparahan atau meninggal dunia," jelasnya.

Masyarakat diimbau untuk menjaga kesehatan dengan menerapkan kembali Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan protokol kesehatan, serta melakukan vaksinasi. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kasus Covid-19 di Jakarta Naik Lagi dan 2 Pasien Meninggal, Masyarakat Diimbau Terapkan Prokes ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/lifestyle/health/kasus-covid-19-di-jakarta-naik-lagi-dan-2-pasien-meninggal-masyarakat-diimbau-terapkan-prokes.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut