get app
inews
Aa Read Next : Cek Daftarnya, Ini 25 Merek Kurma dari Israel yang Diboikot

70 Petugas Medis Rumah Sakit Kamal Adwan, Diculik Israel 

Kamis, 14 Desember 2023 | 06:21 WIB
header img
Israel culik 70 petugas medis Rumah Sakit Kamal Adwan. Foto/Ilustrasi

JALUR GAZA, iNewsSerpong.id – Serangan Pasukan Israel di Rumah Sakit Kamal Adwan pada hari Selasa, yang menculik 70 staf medis ke lokasi yang dirahasiakan, mendapat kecaman dari LSM Bantuan Medis untuk Palestina (MAP). Rumah sakit tersebut, menurut stafnya, dikepung selama beberapa hari sebelum diserbu pada tengah hari kemarin.

Menurut LSM tersebut, setidaknya 65 pasien termasuk 12 anak dalam perawatan intensif dan enam bayi di inkubator masih berada di dalam rumah sakit, serta 45 staf medis. Hingga Selasa, 3.000 pengungsi juga berlindung di rumah sakit.

“MAP sangat prihatin dengan keselamatan mereka, serta para pasien, staf, dan pengungsi yang dilaporkan terjebak di dalam rumah sakit tanpa listrik, air, atau makanan,” tegas LSM tersebut dalam pernyataan resminya seperti dikutip dari The New Arab, Kamis (14/12/2023).
 
MAP mendesak perlindungan terhadap mereka, dan menyebut serangan terhadap layanan kesehatan sebagai potensi pelanggaran serius terhadap hukum internasional yang harus ada akuntabilitasnya.
 
Sementara itu, penembakan Israel di Jalur Gaza berlanjut selama 68 hari berturut-turut pada hari Rabu, di mana jumlah korban tewas kini meningkat menjadi 18.608, menurut kementerian kesehatan.
 
Pengungsi di Jalur Gaza juga terguncang akibat kondisi cuaca buruk, yang memperburuk kondisi di kamp-kamp darurat dan tenda-tenda di beberapa lokasi di Jalur Gaza, di tengah hujan lebat dan deras.
 
Hujan, kelembapan, dan lumpur berpotensi memperburuk risiko penyebaran penyakit di antara mereka yang mengungsi dan mencari perlindungan, hal ini terjadi ketika Kementerian Kesehatan di Gaza mengatakan pihaknya kehabisan vaksin untuk anak-anak.

Pasukan Israel sebelumnya telah menggerebek dan mengevakuasi fasilitas medis lainnya di Jalur Gaza, termasuk Rumah Sakit Indonesia dan al-Shifa, rumah sakit terbesar di wilayah tersebut
 
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan hanya 11 dari 36 rumah sakit di Jalur Gaza yang masih berfungsi sebagian dan meminta agar rumah sakit tersebut tetap utuh.

 


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Kamis, 14 Desember 2023 - 00:58 WIB oleh Berlianto dengan judul "Israel Culik 70 Petugas Medis Rumah Sakit Kamal Adwan". 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut