get app
inews
Aa Read Next : Cek Daftarnya, Ini 25 Merek Kurma dari Israel yang Diboikot

Menewaskan Hampir 19.000 Jiwa, AS Desak Israel Setop Serangan Udara Targetkan Warga Sipil Gaza

Sabtu, 16 Desember 2023 | 07:22 WIB
header img
AS mendesak Israel menyetop serangan udara (Foto: Reuters)

GAZA, iNewsSerpong.id -  Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan menyebut Israel sampai saat ini menolak tekanan global untuk mengendalikan serangan di Gaza, yang telah menewaskan hampir 19.000 warga Palestina sejak 7 Oktober.

Untuk itu, Pemerintah Amerika Serikat (AS) mendorong Israel untuk memusatkan perang di Gaza pada penargetan tepat terhadap pemimpin Hamas.
Akan ada transisi ke fase lain dari perang ini, yang lebih difokuskan pada penargetan kepemimpinan dan operasi berbasis intelijen dengan cara yang lebih tepat, kata Jake Sullivan, selama kunjungannya ke Israel seperti dikutip dari AFP, Sabtu (16/12/2023).

Namun, kapan persisnya itu terjadi dan dalam kondisi apa persisnya akan menjadi diskusi intensif berkelanjutan antara Amerika Serikat dan Israel 
Jake Sullivan juga mengatakan bahwa dia telah membahas waktu peralihan tersebut dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, kabinet perang, dan para kepala militer pada hari Kamis. 

Sebelum pertemuan-pertemuan tersebut, pejabat senior AS mengatakan fase yang kurang intensif seharusnya dimulai dalam beberapa minggu, seperti yang dilaporkan.

Namun, Menteri Pertahanan Israel mengatakan kepada Sullivan bahwa perang ini akan berlangsung lebih dari beberapa bulan. Dalam komentarnya pada hari Jumat, Sullivan juga mengatakan perang ini akan berlangsung beberapa bulan, tetapi taktik akan berkembang selama periode tersebut.

Ketika ditanya apakah Amerika Serikat bisa menahan bantuan militer jika Israel tidak mengurangi korban sipil, Sullivan menolak menjawab.
Dia mengatakan cara terbaik untuk mencapai kesepakatan adalah dalam diskusi pribadi. Bersamaan dengan kunjungan Sullivan, Israel mengumumkan pembukaan pintu lintas perbatasan kedua dengan Gaza untuk bantuan kemanusiaan, langkah yang disambut baik oleh Washington.

 


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " AS Desak Israel Setop Serangan Udara Targetkan Warga Sipil Gaza ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/as-desak-israel-setop-serangan-udara-targetkan-warga-sipil-gaza.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut