get app
inews
Aa Read Next : Guru Ditemukan Meninggal Dunia di Depan Gerbang BRIN Cibinong

Mengapa Musim Hujan Malah Panas, Ini Penjelasan

Selasa, 19 Desember 2023 | 12:56 WIB
header img
Musim Hujan Malah Panas, Ini Penjelasan Sainsnya (Foto: unsplash)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Akhir tahun  biasanya identik dengan musim hujan, namun tahun ini terasa sangat berbeda karena panas. Mengapa demikian ?.

Menurut Peneliti Ahli Utama Bidang Klimatologi dari Pusat Riset Iklim dan Atmosfer (PRIMA) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Erma Yulihastin, menjelaskan bahwa saat ini sebagian besar Jawa mengalami hari kering tanpa hujan atau yang dikenal sebagai dry spells, yang terjadi seiring dengan memuncaknya fenomena El Nino.
 
Kondisi cuaca kering di musim hujan ini disebabkan oleh  intrusi massa udara kering dari Samudra Hindia di selatan Jawa dan Australia yang sedang mengalami musim panas. Data rekaman dalam lima hari terakhir menunjukkan bahwa di wilayah Jakarta dan sekitarnya, hujan tidak terjadi. Artinya, dry spells konsisten terjadi.

“Dampak El Nino semakin terasa pada Desember-Januari karena pendinginan suhu muka laut hingga lapisan termoklin dekat Papua baru terbentuk pada Desember. Ini kontras dengan pemanasan suhu di Samudra Pasifik,” katanya dalam cuitannya di X.

Kondisi serupa juga terjadi di negara tetangga, Filipina. Renato Solidum Jr., Sekretaris Departemen Sains dan Teknologi Filipina, bahkan memprediksi bahwa kondisi panas yang terjadi pada Desember 2023 akan terus berlangsung hingga Mei 2024. Menurutnya, sebanyak 66 provinsi di Filipina akan terdampak oleh kondisi ini.

“Jadi, pada dasarnya, wilayah lain di negara ini akan mengalami kekeringan,” terang Renato Solidum Jr.

Dia juga menyatakan bahwa dampak El Nino saat ini sudah terasa di beberapa wilayah Filipina, dengan penurunan curah hujan hingga 80 persen. Berdasarkan kondisi terkini, kemungkinan terjadi kekeringan sedang hingga parah mulai dari Februari hingga Mei 2024.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Musim Hujan Malah Panas, Ini Penjelasan Sainsnya ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/techno/sains/musim-hujan-malah-panas-ini-penjelasan-sainsnya.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps
 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut