get app
inews
Aa Read Next : Demi Bebaskan 4 Sandera, Pasukan Israel Bunuh 210 Warga di Nuseirat Gaza

Bersiap Tempur Lawan Israel, Houthi Latih 20.000 Tentara Cadangan

Senin, 25 Desember 2023 | 10:59 WIB
header img
Pasukan Houthi dan senjata mereka (Ilustrasi). (Foto: Ist.)

SANAA, iNewsSerpong.id Houthi, Gerakan pemberontak Ansar Allah di Yaman, dikabarkan telah melatih puluhan ribu tentara cadangan. Mereka kemungkinan akan ditempatkan di Jalur Gaza, menurut kantor berita Yaman, Saba, Minggu (24/12/2023). 

Media tersebut menyebutkan, sebuah parade militer diadakan di Provinsi Hajjah, barat laut Yaman, kemarin. Parade itu menandai selesainya kursus militer bagi 20.000 tentara cadangan pertama pasukan mobilisasi.

Pasukan cadangan Houthi pun mengonfirmasi kesiapan mereka untuk berperang bersama Angkatan Bersenjata Yaman melawan Israel. Mereka juga siap melawan koalisi militer AS yang berusaha melindungi kapal-kapal Israel di Laut Merah. 

Pascakonflik bersenjata antara Israel dan para pejuang Hamas meningkat pada Oktober, Houthi telah mengintensifkan serangannya terhadap kapal-kapal kargo yang terkait dengan Israel di Laut Merah dan Laut Arab. 

Kelompok pemberontak Yaman itu bersumpah untuk melanjutkan serangan tersebut, sampai Israel mengakhiri aksi militernya di Jalur Gaza.

Pekan lalu, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengumumkan pembentukan operasi multinasional untuk mengamankan Laut Merah di tengah meningkatnya serangan Houthi terhadap kapal kargo. Austin mengatakan, ada jumlah negara yang mengambil bagian dalam operasi tersebut.  

Beberapa di antaranya adalah Inggris, Bahrain, Kanada, Prancis, Italia, Belanda, Norwegia, Seychelles, dan Spanyol. Houthi pun berjanji akan menyerang kapal mana pun yang bergabung dengan koalisi maritim pimpinan Amerika Serikat itu.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Houthi Latih 20.000 Tentara Cadangan, Siap Bertempur Lawan Israel ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/houthi-latih-20000-tentara-cadangan-siap-bertempur-lawan-israel.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps
 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut