get app
inews
Aa Read Next : 4 Tips Berkendara Aman dan Nyaman di Era Elektrifikasi, Siap Hadapi Segala Cuaca

Ibu Hamil Pakai Sabuk Pengaman, Begini Caranya Agar Nyaman Dalam Perjalanan

Sabtu, 30 Desember 2023 | 10:27 WIB
header img
Ibu hamil perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan sabuk pengaman yang tepat agar nyaman selama perjalanan liburan. (Foto: MadeforMums)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Biasanya, ibu hamil terkadang tak ingin ketinggalan momen liburan meski kondisi kandungannya sudah besar.

Tentu salah satu kendala bagi hamil bagaimana cara memakai sabuk pengaman yang tepat.

Kebanyakan ibu hamil lebih khawatir terhadap kenyamanan bayi atau perut mereka daripada keselamatan.

Sabuk Dibawah Perut

Dokter Spesialis Kandungan, dr Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG, Mkes menjelaskan bahwa kecelakaan bisa terjadi sewaktu-waktu saat berkendara, dan penggunaan sabuk pengaman sangat penting, bahkan saat hamil, karena penggunaannya tidak terlalu sulit.

"Untuk pemakaian yang tepat, letakkan sabuk bagian di bawah perut, bukan di atasnya. Bagian yang melintang dari bahu harus melewati tengah-tengah payudara. Itu adalah cara yang benar," ujarnya.

Namun, posisi ibu hamil saat menyetir memerlukan perhatian khusus. Disarankan untuk memberikan jarak setidaknya satu jengkal penuh antara perut dan setir mobil untuk kenyamanan.

"Jangan menyetir terlalu lama, terutama kurang dari dua jam, karena ibu hamil mudah lelah," tambah Ardiansjah Dara.

Lebih lanjut, Ardiansjah Dara menyarankan agar para ibu hamil tidak menyetir jika merasakan mata berkunang-kunang atau sulit melihat. Hal tersebut dapat berdampak berbahaya bagi keselamatan mereka sendiri. (*)


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Jum'at, 29 Desember 2023 - 18:17 WIB oleh Chindy Aprilia Pratiwi dengan judul "Tips Gunakan Sabuk Pengaman untuk Ibu Hamil Agar Liburan Aman Sampai Tujuan".

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut