get app
inews
Aa Read Next : Mudah, Cara Cari Arah Kiblat Online Tanpa Aplikasi Tambahan

Kenali Perbedaan BI Fast dan Realtime Online BCA yang Perlu Diketahui Sebelum Melakukan Transfer

Selasa, 09 Januari 2024 | 11:09 WIB
header img
Inilah Perbedaan BI Fast dan Realtime Online BCA, Ketahui sebelum Transfer. (Foto: BCA) 

iNewsSerpong.id -  Nasabah perlu memahami perbedaan antara BI Fast dan Realtime Online BCA sebelum melakukan transfer melalui mobile banking atau internet banking.

Seperti yang diketahui, Bank Indonesia telah memperkenalkan sistem BI Fast yang mempermudah proses transaksi keuangan harian bagi pengguna mobile banking dan sejenisnya, termasuk nasabah BCA.

Lalu, apa perbedaan antara BI Fast dan Realtime Online BCA? Berikut ini informasi lengkapnya

Perbedaan antara BI Fast dan Realtime Online BCA:

Dilansir dari laman Bank Indonesia, BI Fast adalah infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional yang melayani transaksi ritel secara real-time dan tersedia setiap saat (24/7). Layanan pembayaran ini dianggap efisien dan aman, memudahkan nasabah untuk bertransaksi dengan cepat dan praktis, termasuk nasabah BCA di luar jam kerja. BI Fast saat ini telah menjadi standar nasional untuk transfer dana antar bank di Indonesia.

Sementara itu, Realtime Online adalah layanan transfer online yang memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi keuangan secara langsung. Nasabah dapat menggunakan layanan real-time online ini untuk mengirim uang, menerima uang, serta mengecek mutasi saldo. Dengan layanan ini, nasabah tidak perlu lagi datang ke kantor cabang bank saat hendak melakukan transaksi keuangan.

Beberapa Perbedaan BI Fast dan Realtime Online BCA dalam Proses Transaksi:

Waktu Pemrosesan: BI Fast memiliki waktu pemrosesan yang cenderung lebih cepat dibandingkan Realtime Online. BI Fast dapat memproses transaksi dalam waktu 2 detik, sementara Realtime Online membutuhkan waktu sekitar 10 detik.

Biaya: Biaya transfer BI Fast lebih ekonomis dibandingkan Realtime Online untuk transfer antar bank. Biaya transfer BI Fast adalah sebesar Rp2.500, sedangkan Realtime Online mengenakan biaya transfer sebesar Rp6.500.

Nominal Transaksi: Perbedaan BI Fast dan Realtime Online BCA juga terletak pada nominal transaksi maksimal. Saat bertransaksi menggunakan sistem Realtime Online, nasabah akan dikenakan batas nominal transaksi maksimal sebesar Rp25 juta. Sementara itu, untuk transfer dengan BI Fast, nominal maksimal per transaksinya mencapai Rp250 juta.

Demikianlah beberapa perbedaan antara BI Fast dan Realtime Online BCA yang perlu diketahui. BI Fast sering menjadi pilihan layanan bagi nasabah yang ingin melakukan transfer antar bank dengan lebih cepat dan ekonomis.

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut