get app
inews
Aa Read Next : Warga Lokal Sumba Dilarang Masuki Kawasan Pantai Nihiwatu oleh Manajemen Hotel Viral

Aktivitas Meningkat, Warga Sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki Diminta Waspada

Kamis, 18 Januari 2024 | 09:01 WIB
header img
Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali erupsi pagi ini. Foto: iNews TV/Joni Nura

FLORES TIMUR, iNewsSerpong.idLetusan Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali terjadi pagi ini, Kamis (18/1/2024). Erupsi mencapai ketinggian 1.500 meter di atas puncak yang disertai guguran awan panas sejauh dua kilometer ke arah utara timur laut. 

Menurut Balai Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Nusa Tenggara, tercatat 14 kali letusan gunung api dengan tinggi abu mencapai 1. 500 meter. Hingga saat ini status gunung tersebut dari siaga ke awas.

Sebab, aktivitas Gunung Lewotobi tidak hentinya mengeluarkan material vulkanik.

”Gunung Lewotobi telah meletus sebanyak 14 kali. Setiap letusan diwarnai dengan guguran awan panas sejauh dua kilometer ke arah utara timur laut,” ujar Kepala Balai Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Nusa Tenggara, Zakarias Raja, Kamis (18/1/2024).

Menurut dia, bahwa guguran awan panas dipicu oleh terjadinya pemanasan kuba lava di kawah gunung. Meskipun demikian, pihak vulkanologi meminta warga agar tetap tenang dan terus waspada dengan kondisi Gunung Lewotobi. 

Pihak Polres Flores Timur juga diminta untuk menyiapkan sistem buka-tutup ruas jalan di bagian utara timur laut Gunung Lewotobi. Selama 24 jam, data pos pengamatan mencatat 34 letusan, 8 di antaranya disertai awan panas dan 80 kali gempa guguran.


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Kamis, 18 Januari 2024 - 08:20 WIB oleh Joni Nura dengan judul "Gunung Lewotobi Erupsi Muntahkan Awan Panas, Warga Flores Waspada!". 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut