get app
inews
Aa Read Next : 6 Cara agar Reels Facebook Banyak yang Nonton, Segera Buktikan

Bagi Pemula Reels Facebook, ini 9 Cara Tarik Penonton

Sabtu, 20 Januari 2024 | 09:18 WIB
header img
Cara agar Reels Facebook Banyak yang Nonton (Foto: Meta)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Bagaimana cara agar Reels Facebook banyak yang nonton? Perlukah membeli views untuk meningkatkan jumlah penonton?

Dilansir dari laman Facebook, Selasa (16/1/2024), kreator Facebook ditawarkan Reels Play - program bonus baru di Facebook dan Instagram yang memungkinkan kreator menghasilkan uang dari Reels yang Anda bagikan.

Namun, kreator yang mendapatkan bonus tersebut harus telah memenuhi syarat dan mendapatkan setidaknya 1000 tayangan dalam jangka waktu 30 hari.

Oleh sebab itu, pengguna Facebook di Indonesia banyak yang berlomba-lomba untuk mengunggah video di Reels FB demi mendapatkan penghasilan tambahan. Sayangnya, jumlah views yang besar cukup sulit untuk diperoleh oleh kreator pemula.

Dengan begitu, kreator pemula harus mengikuti tips mendapatkan banyak penonton Reels Facebook berikut ini, yang dikutip dari situs Media Mister.

1. Membuat konten berkualitas secara konsisten

Ketika berbicara tentang Reels Facebook, Anda sebaiknya membuat konten yang berkualitas. Selain itu, konten tersebut harus sesuai dengan preferensi dan minat audiens agar mereka juga meninggalkan komentar dan membagikan ulang.

Dengan membuat konten yang menarik, informatif, menghibur, atau menginspirasi, Anda dapat menambah nilai pada pengalaman penonton Anda. Anda juga harus menggunakan pengeditan dan format populer.

Anda juga harus konsisten agar penonton lama Anda tidak meninggalkan Anda. Dalam hal ini, Anda harus berkomitmen untuk mengunggah konten setidaknya satu kali setiap hari.

2. Membuat konten yang unik

Reel yang menarik memiliki peluang lebih besar untuk menjadi viral. Ketika penonton menemukan reel menghibur, informatif, atau menginspirasi, mereka lebih cenderung membagikannya dengan pengikut mereka, yang dapat mengakibatkan lonjakan jumlah views yang sangat signifikan.

3. Menggunakan format vertikal 

Mengoptimalkan Reels untuk tampilan ponsel dengan membuatnya dalam format vertikal dapat meningkatkan jumlah penonton. Video reel vertikal juga memakan lebih banyak ruang layar pada perangkat seluler, membuatnya lebih mungkin dilihat oleh pengguna Facebook saat mereka menjelajahi beranda.

4. Menggunakan musik dan pencahayaan berkualitas tinggi

Menggunakan musik berkualitas tinggi dan pencahayaan yang tepat dalam Reel Facebook Anda dapat secara signifikan meningkatkan kualitas keseluruhan video Anda. Pemilihan musik yang baik dapat menetapkan nada dan suasana konten Anda, menciptakan pengalaman yang lebih mendalam dan menarik bagi penonton.

Jadi, gunakan musik untuk membangkitkan emosi, membuat reel Anda lebih mudah diingat, dan bahkan membantu membangun merek pribadi. Dalam hal ini, Anda dapat memakai audio asli atau klip audio tren dari perpustakaan musik Facebook. 

Demikian pula, pencahayaan yang tepat sangat penting karena meningkatkan visibilitas, kejelasan, dan estetika. Video yang terang lebih menarik secara visual dan terlihat profesional, menarik perhatian penonton dan mempertahankannya hingga akhir.

5. Mengikuti tren terbaru

Saat Anda memanfaatkan tren, konten Anda menjadi lebih mungkin muncul di halaman Facebook dan menarik pengguna yang tertarik pada topik populer.

Dengan berpartisipasi dalam tantangan yang sedang tren atau menggabungkan elemen viral ke dalam reel Anda, Anda dapat merasakan kehebohan yang sudah ada dan menarik perhatian audiens yang lebih luas. 

Strategi sederhana ini akan meningkatkan kemungkinan reel Anda ditemukan, dibagikan, dan akhirnya ditonton oleh lebih banyak orang.

6. Membuat caption dan hashtag yang menarik

Tulis caption yang menarik perhatian untuk melengkapi konten video Anda dan mendorong pemirsa untuk menontonnya. 

Sebuah keterangan yang dirancang dengan baik memberikan konteks, menimbulkan rasa ingin tahu, atau menyampaikan pesan utama video Anda, memikat pengguna untuk klik dan menonton.

Selain itu, masukkan hashtag yang relevan dan strategis di keterangan Anda untuk meningkatkan kemampuan ditemukan. Hashtag adalah trik SEO lama namun masih sangat efektif yang dapat memberikan keajaiban untuk upaya pemasaran media sosial Anda. 

Hashtag mengkategorikan konten Anda dan membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk menemukan reel Anda saat mereka mencari atau menjelajahi topik tertentu. Hal ini memperluas jangkauan Anda dan mengekspos Anda ke audiens yang lebih luas, akhirnya menghasilkan tayangan dan keterlibatan.

7. Berkolaborasi dengan kreator lain

Berkolaborasi dengan kreator atau influencer lain membuat Anda dan kreator tersebut dapat saling mempromosikan konten satu sama lain. Kolaborasi ini memperkenalkan Reels Facebook Anda kepada audiens baru yang mungkin belum menemukan konten Anda.

Dengan memanfaatkan basis penggemar yang sudah ada dari kolaborator atau bermitra dengan influencer, Anda dapat memanfaatkan jangkauan dan kredibilitas mereka untuk memperluas paparan Anda. Sebagai hasilnya, jumlah penonton dan pengikut Anda dapat meningkat, dan potensi untuk mendapatkan lebih banyak tayangan pada Reels Anda juga bertambah.

8. Membagikan Reels Facebook ke semua sosial media

Berbagi reels secara aktif kepada teman-teman di Facebook dan di platform media sosial lainnya adalah kunci untuk menjangkau lebih banyak audiens. Selain itu, pertimbangkan untuk membagikannya di komunitas online yang relevan dan bahkan menyematkannya di situs web Anda jika memungkinkan.

9. Bersikap eksperimental

Reels hanya berdurasi 60 detik sehingga Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk memikat penonton Anda. Itulah sebabnya Anda harus mencoba berbagai format, gaya, dan ide konten untuk melihat apa yang disukai oleh audiens Anda.

Eksperimen ini menjaga konten Anda tetap segar, menarik, dan relevan, yang mengarah pada peningkatan tayangan. Anda juga dapat menganalisis kinerja reels Anda menggunakan fitur studio kreator untuk mendapatkan wawasan tentang apa yang paling baik berhasil.

Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa cara agar Reels Facebook banyak yang nonton membutuhkan kreativitas, konsistensi, dan strategi lainnya. Semoga bermanfaa.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut