get app
inews
Aa Read Next : Pemandangan Mirip Raja Ampat, Desa di Malang Patut Dikunjungi

Suasana Mirip di Raja Ampat, Kampung Unik di Bulukumba

Minggu, 21 Januari 2024 | 07:28 WIB
header img
Keindahan Pantai Appalarang (Foto: Instagram@ardylastt)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kampung unik di Bulukumba, Sulawesi Selatan, sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi jika singgah ke Desa Ara, di sini ada pemandangan cantik layaknya Raja Ampat Papua.

Perlu diketahui, ada banyak objek wisata alam di Sulawesi Selatan yang dapat memikat wisatawan. Mulai dari pegunungan, pantai, hingga kuliner. Kali ini, jika Anda memilih Sulawesi Selatan sebagai destinasi liburan, jangan lewatkan Bulukumba. Di sini, terdapat pantai eksotis bernama Appalarang yang berada di Desa Ara. Konon, keindahan pantai ini mirip dengan Raja Ampat di Papua. 

Penasaran ingin tahu seperti apa keindahan kampung unik yang suasananya seperti Raja Ampat? Berikut ulasannya dirangkum pada Kamis (18/1/2024).

Kampung Unik di Bulukumba

Pantainya tidak memiliki pesisir. Hanya memiliki tebing karang yang unik dan terlihat instagenik. Pantai ini memiliki pemandangan batu tebing. Bahkan, keindahannya hampir mirip dengan Raja Ampat. 

Pantai Appalarang terletak di Desa Ara, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pantai ini sangat alami dan tidak memiliki pesisir seperti halnya Tanjung Bira, Bulukumba yang telah lebih dulu populer. Tebing-tebing batu karangnya terlihat kokoh mengelilingi perairan. Laut biru jernih dengan gradasi kehijauan terlihat transparan, sehingga biota yang ada di dasar laut terlihat jelas. 

Pantai Appalarang begitu memesona dan berada di tempat yang terpencil di Bulukumba. Tak heran jika pantai ini belum diketahui wisatawan mancanegara.

"Pantai Appalarang adalah sebuah pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang lainnya di Provinsi Sulawesi Selatan. Pantai Appalarang ini tidak seperti pantai pada umumnya yang langsung bersentuhan dengan pasir putihnya. Pantai Appalarang ini berada di balik tebing bebatuan yang curam. Kondisi inilah yang memicu adrenalin setiap pengunjung yang datang. Pantai Appalarang ini disebut-sebut memiliki kemiripan dengan Raja Ampat Papua yang sudah sangat populer itu. Jadi, tidak heran jika banyak yang menyebut bahwa Pantai Apparalang merupakan Raja Ampat-nya Bulukumba. Pantai Appalarang sukses menjadi salah satu obyek wisata andalan Sulawesi Selatan," tulis Instagram @makassarkeren. 

Appalarang menyajikan tampilan pantai yang unik karena letaknya berada tepat di bawah tebing-tebing batu yang cukup tinggi dan curam. Bahkan, batu-batu tersebut memiliki kemiringan 90 derajat. Tempat ini sama indahnya dengan Raja Ampat, Papua karena airnya jernih dan ada beberapa karang dan coral di bawah lautnya. Pencinta snorkeling dapat menyelam di sini melihat karang dan biota laut yang berwarna-warni.

Jika tidak ingin snorkeling, Anda dapat berburu spot keren di tebing-tebing. Di sini ada puluhan anak tangga yang terbuat dari kayu, berada di sisi kiri tebing pantai. Traveler harus berhati-hati, sebab anak tangga yang turun agak curam. Di sini juga ada dermaga kecil yang dapat Anda jadikan spot foto Instagramable.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut