get app
inews
Aa Read Next : Harga Tiket IIMS 2024 Bertabur Diskon

Pasar Senen Dulunya Bernama Vincke Passer, Hanya Buka Hari Senin

Minggu, 06 Februari 2022 | 06:47 WIB
header img
Vincke Passer adalah nama Pasar Senen pada jaman dulu hanya buka setiap hari senin. (Foto : Dok SINDOnews)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pasar Senen yang terletak di Kecamatan Senen, Jakarta Pusat dari dulu sangat terkenal sebagai pusat niaga. Tak jauh dari Pasar Senen, ada Stasiun Kereta Api Pasar Senen yang juga banyak digunakan masyarakat untuk bepergian ke luar kota.

Rupanya, ada sejarah unik di balik nama Pasar Senen. Menurut jurnal Historia Madania bertajuk “Pasar Senen: Reorganisasi Pasar Tahun 1966 – 1993”, wilayah Senen terkenal dengan hasil perkebunannya.

Seiring dengan berkembangnya perekonomian masyarakat saat itu, muncullah gagasan pendirian pasar. Sang pemilik tanah Senen, Justinus Vinck, kemudian mengajukan permohonan pendirian pasar ke pemerintah Belanda.

Permohonan itu langsung disetujui oleh Gubernur Jenderal Abraham Patras melalui sebuah surat keputusan. Dalam surat berbahasa Belanda itu disebutkan bahwa pasar hanya diperbolehkan untuk buka di hari Senin.

Sementara itu, hari Sabtu diperuntukkan bagi pasar yang akan dibangun di wilayah Bukit Tanah Abang dan Kampung Lima. Surat yang diterbitkan pada 30 Agustus 1735 itu menjadi awal mula berdirinya Pasar Tanah Abang dan Pasar Weltervreden (yang kini dikenal dengan nama Pasar Senen).

Pasar Senen didirikan tepat di sebelah selatan Jalan Gunung Sahari. Pada masa itu, jalan tersebut dikenal dengan nama Groote Zuiderweg. Namun, orang-orang Belanda lebih mengenal pasar itu dengan nama Vincke Passer atau Pasar Vinck, mengacu pada nama sang pendiri.

Pasar Senen banyak dihuni oleh orang-orang Tionghoa dan sebagian besar dari mereka tinggal di wilayah tersebut. Pasar ini semakin maju di masa pendudukan Jepang. Bahkan, masih eksis hingga detik ini. (*)

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut