get app
inews
Aa Read Next : 8 Merek Otomotif Baru Bakal Ramaikan GIIAS 2024, Digelar dari 18 hingga 28 Juli 2024

Transisi PAUD ke SD, Pemkab Tangerang Jamin Setiap Anak dapat Hak Pembelajaran

Kamis, 25 Januari 2024 | 08:39 WIB
header img
Setiap anak Pemkab Tangerang pastikan mendapatkan hak pembelajaran yang sesuai. (Foto: Pemkab Tangerang)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang memastikan setiap anak mendapatkan hak pembelajaran yang sesuai.

Demikian ditegaskan, Pj Bupati Tangerang, Andi Ony, saat peluncuran Program Transisi PAUD ke SD yang bertujuan menciptakan masyarakat Tangerang yang religius, cerdas, sehat, dan sejahtera, di Hotel Lemo, Rabu (24/01/24).

"Pemkab Tangerang meluncurkan Program Transisi PAUD-SD agar seluruh keluarga memastikan setiap anak mendapat haknya dalam memperoleh pembelajaran yang tepat," ungkap Pj Bupati Tangerang, Andi Ony.

Anak Usia Dini

Menurutnya, Program Transisi PAUD-SD perlu dilakukan karena masih terjadi kesalahpahaman terkait praktik pembelajaran anak usia dini di lapangan, seperti masih adanya tes baca, tulis, dan hitung (calistung) untuk anak SD.

"Masih banyak anak yang langsung masuk kelas 1 SD tanpa mengikuti PAUD, sehingga anak tidak mendapat fase pondasi yang menjadi haknya," ujar dia.

Andi Ony juga mengajak para stakeholder untuk mendukung gerakan penguatan transisi PAUD ke SD, salah satunya dengan menghilangkan tes calistung sebagai syarat masuk SD.

"Sebelum masuk SD, anak-anak nantinya akan mengikuti dua pekan masa pengenalan sekolah yang menyenangkan dan melaksanakan pembelajaran yang membangun enam kemampuan pondasi anak dengan cara dan suasana yang menyenangkan," jelasnya.

Pj Bupati Andi juga berharap agar semua pihak terkait dapat saling mendukung komitmen untuk melaksanakan transisi perubahan perilaku peserta didik dari PAUD ke SD, sehingga mereka mampu menguasai kemampuan dasar sesuai profil pelajar Pancasila. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut