get app
inews
Aa Read Next : Cek Daftarnya, Ini 25 Merek Kurma dari Israel yang Diboikot

Viral, Menlu Retno Marsudi Walk Out saat Dubes Israel Bicara di Sidang DK PBB 

Kamis, 25 Januari 2024 | 15:05 WIB
header img
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi walk out dari Sidang DK PBB saat Dubes Israel berbicara (Foto: Kemlu)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyelenggarakan Rapat Debat terbuka terkait konflik IsraelHamas Palestina, pada Selasa (23/1/2024). Pada pertemuan itu, Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi dan sejumlah diplomat dari negara-negara Islam keluar meninggalkan ruangan  saat Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan berbicara, 

Aksi Menlu Retno itu viral di media sosial. Walk out dilakukan sebagai bentuk protes terhadap Israel yang menolak pendirian Negara Palestina.

"Intinya, Menlu Retno dan ketua delegasi sejumlah negara lainnya keluar ruangan saat Watap Israel menyampaikan statemennya," kata Jubir Kementerian Luar Negeri Lalu M Iqbal, Kamis (24/1/2024).

Retno Marsudi mempertanyakan keseriusan DK PBB dalam menjalankan resolusinya terkait Palestina. Ia menilai resolusi tersebut kerap gagal dilaksanakan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga mengecam penolakan Israel terhadap pendirian Negara Palestina. Ia mengatakan penolakan tersebut akan memperpanjang konflik di Palestina. 

“Pendudukan Israel harus berakhir,” ujar Guterres.

Dubes Israel untuk PBB Gilad Erdan mengatakan bahwa ada jalan untuk mengakhiri pertumpahan darah di Gaza.  

Ia mengklaim bahwa jika Hamas menyerahkan mereka yang bertanggung jawab atas serangan roket ke Israel dan membebaskan sandera, perang akan segera berakhir. 

"Jika Hamas menyerahkan mereka yang bertanggung jawab atas perisitiwa 7 Oktober dan jika Hamas membebaskan seluruh sandera, perang ini akan langsung berakhir,” katanya.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Heboh Menlu Retno Marsudi Walk Out saat Dubes Israel Bicara di Sidang DK PBB ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/heboh-menlu-retno-marsudi-walk-out-saat-dubes-israel-bicara-di-sidang-dk-pbb.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut