get app
inews
Aa Read Next : Terkait Korupsi di Kementan, KPK Sita Rumah SYL di Jaksel

Hasil Survei Penilaian Integritas, KPK : Jawa Tengah Raih Nilai Integritas Tertinggi

Selasa, 30 Januari 2024 | 11:37 WIB
header img
Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan menyatakan, survei tersebut diikuti pihak internal, eksternal, dan ekspert. (Foto Antara).

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Upaya pencegahan korupsi dalam berbagai bentuk terus dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Salah satunya melalui penilaian integritas pemerintah provinsi. KPK merilis hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) pada Jumat (26/1/2024).  

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan menyatakan, survei tersebut diikuti pihak internal, eksternal, dan ekspert. Selain itu, juga menggunakan faktor koreksi. 

"Pemerintah daerah secara khusus kalau itu internal, eksternal, dan ekspert-nya katakan lah nilainya seratus, tapi ada yang tersangka maka di sini ada faktor koreksi sebesar 20 persen," kata Pahala, Selasa (30/1/2024).

Pemerintah Provinsi yang dinilai dibagi kedalam tiga kategori, yaitu provinsi dengan anggaran besar, anggaran sedang dan anggaran kecil.

Hasil SPI tersebut, menempatkan Jawa Tengah (Jateng) memimpin dengan nilai 77, 91 dalam kategori pemerintah provinsi dengan anggaran besar. 

Kemudian disusul oleh DKI Jakarta dan Jawa Timur yang masing-masing mendapatkan nilai 76,96 dan 75,33.

Sementara itu, pemprov dengan nilai anggaran sedang, Bali memimpin dengan 78,45 dan disusul Kalimantan Barat dengan perolehan 75,99. 

Untuk pemprov dengan nilai anggaran kecil, Daerah Istimewa Yogyakarta unggul dibandingkan 13 provinsi lainnya dengan nilai 77,33.

"Jadi kalau ada kasus di KPK lantas ada tersangka dan integritas dalam pengumpulan data dalam artian pengaturan segala macam pasti kita gunakan faktor koreksi minus (20 persen)," katanya.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Survei SPI KPK: Jawa Tengah Raih Nilai Integritas Tertinggi ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/survei-spi-kpk-jawa-tengah-raih-nilai-integritas-tertinggi.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut