get app
inews
Aa Read Next : Aion Mobil Listrik Baru dari China, Siap Jajal Pasar Otomotif Indonesia  

Bocah AI Bernama Tong Tong dari China, Tingkahnya Mirip Anak 4 Tahun

Senin, 12 Februari 2024 | 14:44 WIB
header img
Sekelompok ilmuwan China telah menciptakan bocah artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pertama di dunia bernama Tong Tong. (Foto: BAGAI)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sekelompok ilmuwan China telah menciptakan bocah artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pertama di dunia. Dia diklaim memiliki perilaku dan kemampuan emosional seperti manusia berusia 3-4 tahun.

Dilansir dari Metro, Minggu (11/2/2024), model bocah AI tersebut diberi nama Tong Tong atau dalam bahasa Inggris berarti gadis kecil. Bocah AI tersebut diciptakan oleh Institut Kecerdasan Buatan Umum Beijing (BIGAI).

Meski Tong Tong memiliki perilaku seperti balita, namun dia memiliki kemampuan mengingat luar biasa. BIGAI berpendapat melalui interaksi manusia lebih lanjut, Tong Tong dapat terus mengembangkan keterampilan dan pengetahuannya.

Diw punya kemampuan menafsirkan emosi manusia bahkan mencakup kemampuan mengidentifikasi dan mengkomunikasikan perasaan seperti kebahagiaan, kemarahan, dan kesedihan serta bereaksi secara tepat terhadap keadaan emosi orang lain.

Tong Tong diperkenalkan di Frontiers of General Artificial Intelligence Technology di Beijing bulan lalu. Pengunjung dapat berinteraksi dengan Tong Tong, dan menyaksikannya kehebatannya sebagai bocah AI pertama di dunia.

"Tong Tong memiliki pikiran dan berusaha memahami akal sehat yang diajarkan manusia. Dia mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah, mengekspresikan sikapnya dalam berbagai situasi, dan memiliki kekuatan untuk membentuk masa depan," kata para ilmuwan.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut