get app
inews
Aa Read Next : Lewat Smartphone, 5 Cara Bikin Konten Ramadan yang Berkesan

Sambut Ramadan, Masjid Nabawi Siapkan 8,5 Juta Porsi Takjil Buka Puasa

Rabu, 14 Februari 2024 | 10:26 WIB
header img
Masjid Nabawi menyiapkan 8,5 juta porsi makanan untuk berbuka puasa selama Ramadhan tahun ini (Foto: Saudi Gazette)

RIYADH, iNewsSerpong.id - Otoritas Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi, menyiapkan 8,5 juta porsi lebih takjil buka puasa selama Ramadhan tahun ini. Tempat suci kedua umat Islam setelah Masjidil Haram ini biasanya diserbu jemaah selama Ramadhan untuk beribadah.

Tahun ini Saudi memperkirakan lonjakan jemaah umrah, terlebih di bulan Ramadhan. Bulan suci tersebut menjadi waktu favorit umat Islam seluruh dunia untuk melaksanakan umrah yang biasanya dirangkai dengan iktikaf di 10 hari terakhir Ramadhan.

Masjid Nabawi merupakan tujuan utama setelah jemaah melaksanakan umrah di Masjidil Haram, Makkah. Tanggal 1 Ramadhan 1445 Hijriah diperkirakan bertepatan dengan 11 Maret 2024.

Selain itu Masjid Nabawi juga menyiapkan sekitar 2,5 juta botol air zamzam. Otoritas menyiapkan 18.000 kontainer zamzam untuk jemaah.

Otoritas Umum untuk Perawatan Masjid Nabawi juga mengadakan lokakarya untuk mengevaluasi persiapan Ramadhan tahun ini mengingat permintaan kunjungan sangat tinggi.

Upaya tersebut termasuk mengintensifkan layanan untuk mengatasi perkiraan lonjakan jumlah jamaah dan pengunjung. Layanan tersebut terdiri atas pembersihan dan sterilisasi karpet yang tersebar di seluruh tempat serta mengatur kerumunan pada jam sibuk.

Angka resmi pemerintah Saudi mengungkap lebih dari 280 juta umat Islam salat di Masjid Nabawi sepanjang 2023. Di dalamnya terdapat Raudhah Al Sharif, makam Nabi Muhammad SAW.
(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut