Logo Network
Network

Kolaborasi GIZ, karuun dan VIVERE: Menggali Potensi Rotan untuk Masa Depan Berkelanjutan 

Sazili M
.
Jum'at, 23 Februari 2024 | 18:27 WIB
Kolaborasi GIZ, karuun dan VIVERE: Menggali Potensi Rotan untuk Masa Depan Berkelanjutan 
Para peserta acara talkshow berjudul "Desain adalah Obat". Foto: Ist

TANGERANG, iNewsSerpong.id – VIVERE Group berpartisipasi dalam acara ARCH:ID 2024 dengan mempresentasikan Instalasi Pernyataan Kuratorial dan IAI Center.

Instalasi Pernyataan Kuratorial pada ARCH:ID 2024 merupakan karya dari DDAP Architect, sementara IAI Center dirancang oleh Imron Yusuf dan Nadya Azalia yang berkolaborasi dengan karuun dan Carta Laminates.

Selain berkolaborasi dalam instalasi, VIVERE Group juga berupaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya desain dalam menciptakan solusi berkelanjutan bagi lingkungan.

VIVERE Group berkolaborasi dengan Dirgantara I Ketut, Arsitek Utama DDAP Architect, Stefan Baumann, Pejabat Perwakilan Utama karuun, dan Alfath Kurniadi, Penasihat Proyek Rotan Berkelanjutan GIZ dalam sebuah acara talkshow berjudul "Desain adalah Obat".

Tujuan dari talkshow ini adalah untuk menyampaikan pesan bahwa desain memiliki potensi transformatif dalam menghadapi tantangan lingkungan saat ini, seperti masalah limbah plastik. 

Penggunaan material karuun diharapkan dapat menjadi alternatif yang ramah lingkungan di tengah dominasi material yang kurang ramah lingkungan.

Dalam talkshow tersebut, para pembicara membahas berbagai aspek penting dalam penggunaan rotan sebagai material berkelanjutan, terutama rotan dari karuun. Mereka membahas potensi ekonomi sirkular yang bisa dihasilkan oleh industri rotan, serta strategi desain inovatif untuk mengoptimalkan penggunaan material tersebut demi solusi yang lebih ramah lingkungan.

Selain bahan, pembicara juga menyoroti bahwa desain yang baik memiliki dampak positif bagi lingkungan sekitarnya, seperti pengurangan limbah dan peningkatan sirkulasi udara.

Material karuun telah menjadi revolusi dalam dunia material, seiring dengan meningkatnya kesadaran industri furniture, interior, dan arsitektur akan keberlanjutan dan ramah lingkungan.

Selain dapat dilihat di instalasi ARCH:ID 2024, pengunjung juga dapat melihat serta merasakan sampel material dan aplikasi material karuun di VIVERE Experience & Collaboration Space di SOUTH78 Lantai 3 & 3A, Gading Serpong.


 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini