get app
inews
Aa Read Next : Suhu Tertinggi 52 Derajat Celsius di Thailand, Gelombang Panas Landa ASEAN

Wisatan Wajib Bawa Uang Tunai Rp8 Juta bila Berlibur ke Thailand

Senin, 26 Februari 2024 | 19:27 WIB
header img
Liburan ke Thailand Wisatawan Wajib Bawa Uang Tunai (Foto: Medium)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang menjadi destinasi wisata populer dikunjungi wisatawan. Bahkan, belakangan ini Thailand sedang ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. 

Pesona eksotis dari Thailand, serta kentalnya budaya setempat membuat wisatawan penasaran dan ingin mengeksplor lebih. Negeri Gajah Putih ini pun menawarkan berbagai arsitektur bangunan yang ikonik dengan detail yang mewah dan khas kerajaan.

Hal ini memikat para wisatawan untuk melihat langsung dan mengabadikan foto di tempat yang estetika. Tak cuma itu, Thailand juga dikenal dengan pusat perbelanjaan baju-baju yang fashionable dan kuliner jalanan yang murah. Meski begitu, ternyata untuk berlibur ke Thailand, Anda harus menyiapkan uang tunai kurang lebih sebanyak Rp8 jutaan lho.

Informasi tersebut dibagikan oleh content educator travel, Abi Satria dalam akun Instagram @inimasabi. Abi Satria menjelaskan, uang tunai tersebut dibutuhkan sebagai bukti mampu finansial sebelum masuk dan berlibur ke Thailand.

Sebab, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok kerap kali mendapatkan kasus Warga Negara Indonesia (WNI) yang tidak bisa masuk ke Thailand akibat tidak bisa melampirkan bukti mampu finansial.

"Tapi karena makin seringnya KBRI Bangkok nerima aduan WNI yang ditolak masuk Thailand karena gak bisa nunjukin bukti mampu punya duit dan info pesanan hotel, masa berlaku paspor yang masih lama (minimal 6 bulan). Akhirnya dikeluarkan lah imbauan untuk bawa uang cash THB 15.000-20.000,” tulis Abi Satria, dikutip dari keterangan unggahan tersebut, Jumat (23/2/2024).

Meskipun untuk masuk masuk ke Thailand hanya memerlukan paspor dan masih bebas visa, akan tetapi persyaratan untuk masa berlaku paspor harus masih lama atau minimal 6 bulan. 

“Penting! Yang mau ke Thailand. Buat Anda yang berencana ke Thailand untuk berlibur, tenang, masih bebas visa kok, cuma bawa paspor aja,” kata dia.

Sementara untuk syarat persediaan uang tunai sekitar 15.000-20.000 Baht Thailand, itu setara dengan Rp6.508.485 sampai Rp8.677.980 dalam kurs saat ini. Uang tersebut dibutuhkan untuk berjaga-jaga apabila diminta bukti mampu finansial saat di imigrasi di Thailand. 

Abi Satria mengatakan, persyaratan ini baru diterapkan, sebelumnya saat dia datang ke Thailand awal 2024, peraturan tersebut masih belum ada. "Selama 2023 sampai awal 2024 ini bolak-balik ke Thailand gak pernah bawa cash banyak, karena emang apa-apa udah cashless dan Qris juga udah bisa di Thailand," ujarnya.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut