get app
inews
Aa Read Next : 4 Ciri Penjual Mobil Bekas tidak Amanah, Hati-hati tetap Waspada

Yuk Dicoba! Tips Kelola Keuangan di Era Modern dan Digitalisasi

Jum'at, 01 Maret 2024 | 05:54 WIB
header img
Tips mengatur keuangan di era modern. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Perkembangan sistem digitalisasi yang begitu pesat, membuat masyarakat semakin mudah dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Sarana berbelanja dan pembayaran digital sangat membantu, namun dibalik itu semua, pengelolaan keuangan pribadi menjadi aspek yang krusial untuk diperhatikan agar tidak berdampak negatif.

Pengelolaan keuangan yang baik menjadi kunci untuk menjalani kehidupan yang lebih terarah. Dengan pengelolaan keuangan yang tepat, seseorang bisa mencapai kesejahteraan finansial dari masa muda hingga tua.

Namun, banyak orang yang masih mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan pribadinya.

Digitalisasi yang semakin berkembang, ditandai dengan munculnya berbagai aplikasi, sebenarnya dapat memberikan dampak positif dalam pengelolaan keuangan jika dimanfaatkan dengan baik.

Head of Advisory & Investment Operations dari PINA Indonesia, Rista Zwestika, menyatakan bahwa masih ada beberapa faktor yang membuat seseorang sulit dalam mengelola keuangan pribadinya.

Faktor-faktor tersebut antara lain kurangnya edukasi dan pengetahuan keuangan, kebiasaan impulsif, sikap mental yang negatif, gaya hidup konsumtif, ketidakmampuan untuk menunda kesenangan, hutang, dan kondisi ekonomi.

Investasi merupakan salah satu hal yang wajib dipertimbangkan dalam perencanaan keuangan. Dengan berinvestasi, seseorang menjadi lebih siap menghadapi masa depan, namun tetap perlu mempertimbangkan profil risikonya.

Strategi investasi seperti diversifikasi portofolio, investasi jangka panjang, menggunakan metode dollar cost averaging, dan rebalancing portofolio sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara risiko dan imbal hasil.

Salah satu jenis investasi yang dapat membantu mendiversifikasi portofolio adalah reksa dana, yang membagi investasi ke berbagai portofolio efek seperti deposito, obligasi, dan saham. Ini membantu menjaga risiko investasi tetap terjaga dengan baik.

 


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Ini Tips Kelola Keuangan di Era Modern dan Digitalisasi, Yuk Dicoba! ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/ini-tips-kelola-keuangan-di-era-modern-dan-digitalisasi-yuk-dicoba.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps


 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut