get app
inews
Aa Read Next : Perkuat Timnas Indonesia, PSSI Disinyalir Bayar Pemain Naturalisasi, Benarkah?

Naturalisasi 3 Pemain Sepak Bola Dibahas di DPR Besok

Rabu, 06 Maret 2024 | 08:06 WIB
header img
(Kiri-kanan) Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Maarten Paes bakal diproses menjadi pemain Timnas Indonesia. (Foto: Instagram @thomhaye, @maartenpaes, Go Ahead Eagles)

JAKARTA, iNews.Serpong.id – Komisi X DPR RI telah menerima berkas naturalisasi tiga pemain sepak bola. Mereka adalah Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes. Rencana proses naturalisasi akan dibahas, Kamis (7/3/2024).

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad membacakan berkas naturalisasi ketiga pemain pada Rapat Paripurna DPR, kemarin. “Berkenan dengan surat-surat tersebut, kami minta persetujuan rapat paripurna hari ini untuk menugaskan Komisi III dan Komisi X DPR RI guna membahas surat tersebut dan hasil pembahasannya dilaporkan kepada pimpinan dan selanjutnya disampaikan kepada pimpinan dan selanjutnya disampaikan kepada pemerintah untuk ditindaklanjuti,” ucapnya.

Pembahasan berkas tersebut akan dilakukan pada rapat kerja Komisi X dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, Kamis (7/3/2024) pukul 10.00 WIB. Jika disetujui oleh Komisi X dan III, selanjutnya berkas naturalisasi akan dikembalikan ke Presiden Joko Widodo untuk dibuatkan keputusan presiden. Setelah itu, para pemain akan diundang untuk pengambilan sumpah menjadi warga negara Indonesia (WNI).  

Meski sudah jadi WNI, ketiga pemain tak serta merta bisa dipanggil Timnas Indonesia. Masih ada satu proses lagi yang harus dijalani, yakni perpindahan federasinya yang harus diurus ke FIFA. 

Proses yang masih panjang inilah yang membuat Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes diragukan bisa membela Timnas Indonesia vs Vietnam pada lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dalam kualifikasi itu, Indonesia akan dua kali meladeni Vietnam. Pertama, Tim Garuda akan main kandang di Stadion Utama Gelora Bing Karno, Jakarta, 21 Maret mendatang. Setelah itu, Indonesia main away di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, 26 Maret 2024.  

Indonesia sangat membutuhkan kemenangan di dua laga tersebut untuk menjaga asa lolos ke putaran ketiga. Saat ini, Tim Garuda terdampar di dasar klasemen Grup F dengan poin 1 usai melakoni dua laga awal kontra Irak (kalah 1-5) dan Filipina (1-1). (*)

Editor : Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut