get app
inews
Aa Read Next : Masuk Kota Makkah Tanpa Izin, Siap-siap Kena Denda Rp43 Juta

Sebuah Kisah Nabi Muhammad di Bulan Ramadhan

Rabu, 13 Maret 2024 | 07:59 WIB
header img
Kisah Nabi Muhammad SAW di bulan Ramadhan. (Foto: Pexels)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kisah Nabi Muhammad di bulan Ramadhan harus dijadikan teladan bagi umat Muslim. Pada bulan ini terjadi berbagai peristiwa besar bagi Nabi, salah satunya adalah menerima wahyu pertama sebagai nabi.

Kisah Nabi Muhammad di bulan Ramadhan dirangkum dari berbagai sumber :

Memenangkan Perang Badar

Menurut Murrad, dalam bukunya yang berjudul Umar ibn Al-Khaththab yang telah diterjemahkan oleh Lulu M. Sunman, dkk (2009), Perang Badar terjadi pada hari ke-8 bulan Ramadan atau tahun ke-2 Hijriah. 

Perang Badar dimenangkan pasukan Nabi Muhammad SAW. Pasukan Muslim berhasil memukul mundur dan membuat kocar-kacir pasukan Makkah.  Ini menjadi kemenangan perdana bagi umat Muslim.

Sekaligus dijadikan sebagai tonggak sejarah dakwah Islam. Seperti yang tertuang pada surat Ali Imran ayat 123 :

وَلَقَدْ نَصَرَكُمُ اللَّهُ بِبَدْرٍ وَأَنتُمْ أَذِلَّةٌ ۖ فَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya :  “Dan sesungguhnya Allah telah menolong kamu mencapai kemenangan dalam peperangan Badar, sedang kamu berkeadaan lemah (Kerana kamu sedikit bilangannya dan kekurangan alat perang). Oleh itu bertaqwalah kamu kepada Allah, supaya kamu bersyukur (Akan kemenangan itu).”

Tentu pula ini mendorong umat Muslim untuk menguatkan serta mengukuhkan dakwah. Serta dapat meraih kemenangan di masa yang akan datang. 

Pembebasan Kota Makkah Fathu Makkah

Pembebasan kota Makkah jadi salah satu momen penting dalam sejarah Islam. Peristiwa ini terjadi pada Jumat 20 dan 21 Ramadan di tahun ke-8 Hijriah. 

Peristiwa Fathu Makkah merupakan momen penting sebab menjadi titik balik bagi perjuangan umat Muslim yang di saat itu sedang mendapatkan ancaman. 

Menurut Siswantoro, dalam bukunya Wealth Management (Manajemen Harta) Rasulullah SAW: Metode Pembelajaran Dari Hal Yang Belum Pernah Dibahas, mengatakan Fathu Makkah diawali dengan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu pihak terhadap Perjanjian Hudaibiyah.

Di saat itu, pihak Rasulullah, yakni Bani Khuza'ah diserang oleh Bani Bakar yang bekerja sama dengan Quraisy.  Sebab itulah yang membuat Rasulullah pergi ke Makkah bersama dengan pasukannya. 

Pergi dengan persenjataan lengkap, Khalid bin Walid ditunjuk sebagai pimpinan pasukan perang oleh Rasulullah.  Pertempuran itu pun akhirnya dimenangkan oleh kaum Muslim.

Selain itu, Khalid bin Walid dan pasukannya menggempur pasukan Quraisy dan merampas senjata-senjatanya.  Itulah ulasan mengenai kisah Nabi Muhammad di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat! (*)

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kisah Nabi Muhammad di Bulan Ramadhan, Patut Diteladani Umat Muslim ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/lifestyle/muslim/kisah-nabi-muhammad-di-bulan-ramadhan-patut-diteladani-umat-muslim.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 



 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut