get app
inews
Aa Read Next : Oli Evalube Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan 1445 Hijriah

Hindari Bunyikan Klakson, Tips Tahan Emosi di Jalan saat Berpuasa

Rabu, 27 Maret 2024 | 05:04 WIB
header img
Tak sedikit orang yang tidak sabar saat menghadapi situasi macet akibat tindakan pengendara lain yang memprovokasi, menyalip atau menyerobot jalan. (Foto: Ilustrasi/iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang penting terutama memasuki bulan Ramadhan agar dapat menjalani aktivitas kerja dengan baik dan ibadah puasa berjalan lancar. 

Namun, tidak hanya kesehatan fisik yang perlu diperhatikan, tetapi juga kondisi mental. Terlebih lagi, situasi lalu lintas yang macet, terutama saat pulang kerja atau menuju tempat buka puasa bersama, membutuhkan kesabaran ekstra.

Banyak orang yang kehilangan kesabaran saat menghadapi kemacetan karena perilaku pengendara lain yang provokatif, seperti menyalip atau menyerobot jalan.

Bagaimana cara mengendalikan emosi saat berpuasa agar ibadah tetap terjaga? Psikolog Tara De Thouars, BA M.Psi, menjelaskan bahwa setiap orang memiliki emosi, namun yang penting adalah bagaimana mengendalikannya agar tidak menimbulkan masalah dengan orang lain.

"Ketika seseorang tiba-tiba menyalip atau menyerobot kita di jalan dan membuat kita emosi, sebenarnya itu bisa menjadi peluang untuk belajar mengendalikan diri," ujarnya saat menghadiri acara media gathering bersama Daihatsu baru-baru ini.

"Ingatlah bahwa terkadang, bukanlah emosi negatif kita yang menyebabkan masalah, tetapi bagaimana kita bereaksi terhadap masalah tersebut," tambahnya. 

Tara menjelaskan bahwa wajar bagi setiap orang untuk merasa marah, tetapi yang menjadi masalah adalah jika emosi tersebut berlebihan sehingga memicu emosi orang lain dan menimbulkan masalah di jalan. 

Dia juga memberikan tips dalam menghadapi situasi sulit di jalan, yaitu dengan menghindari penggunaan klakson terhadap pihak lain. "Biasanya orang cenderung bereaksi dengan mengklakson secara otomatis.

Namun, kita perlu menyadari apakah kita termasuk orang yang reaktif atau tidak," jelasnya. Menurut Tara, orang yang reaktif akan terus-menerus mengklakson pihak lain sebagai ekspresi dari emosinya.

"Oleh karena itu, penting untuk tidak terlalu bereaksi atau berlebihan agar emosi tetap terjaga," pungkasnya.(*)


 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Tips Menahan Emosi di Jalan saat Berpuasa, Psikolog: Hindari Tekan Klakson ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/tips-menahan-emosi-di-jalan-saat-berpuasa-psikolog-hindari-tekan-klakson.


 

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:

https://www.inews.id/apps

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut