get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Masuknya BSD dan PIK pada Program PSN Atas Rekomendasi Menparekraf dan Menteri Kesehatan

BSD dan PIK 2 Kebagian Proyek Strategis Nasional, Pemerintah Garap 14 PSN Baru

Senin, 25 Maret 2024 | 06:09 WIB
header img
Pengembangan Green Area dan Eco-City dengan lokasi PIK 2, Banten. (Foto: Ist)  

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Tahun ini, pemerintah menambah 14 Proyek Strategis Nasional (PSN) baru, melibatkan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 dan Bumi Serpong Damai (BSD).

Juru Bicara Kemenko Perekonomian, Haryo Limanseto, membeberkan seluruh PSN tambahan tersebut didanai sepenuhnya investor swasta, dengan tujuan mendukung kebijakan percepatan hilirisasi, konektivitas, pengembangan, dan pemerataan nasional.

Proyek pengembangan 14 PSN baru tersebar di beberapa daerah, termasuk Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Industri Pariwisata

Dalam cakupan tersebut, proyek-proyek baru ini mencakup pengembangan berbagai sektor, termasuk industri, pariwisata, infrastruktur, pendidikan, riset dan teknologi, kesehatan, serta proyek migas lepas pantai.

Salah satu proyek PSN baru yang diperkenalkan adalah Pengembangan Green Area dan Eco-City di lokasi PIK 2, Banten. Wilayah ini, yang disebut "Tropical Coastland," akan menjadi destinasi pariwisata baru yang berbasis hijau, dengan tujuan meningkatkan daya tarik bagi wisatawan.

Proyek ini juga dirancang untuk menampung Kawasan Wisata Mangrove sebagai mekanisme alami pengamanan pesisir. Diperkirakan, proyek ini akan menyerap sekitar 6.235 tenaga kerja langsung dan 13.550 tenaga kerja sebagai efek pengganda.

Sementara itu, Pengembangan Kawasan Terpadu Bumi Serpong Damai (BSD) juga menjadi fokus pemerintah, dengan perkiraan investasi sebesar Rp18,54 triliun. Proyek ini mendukung pengembangan Biomedical Campus Terintegrasi, yang akan berfokus pada pendidikan, penelitian biomedis, dan ekonomi digital.

Kawasan ini juga diharapkan akan berkembang menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan fokus pada sektor pendidikan, riset kesehatan, ekonomi digital, pengembangan teknologi, dan layanan kesehatan. Proyek ini diestimasi akan menyerap sekitar 10.065 tenaga kerja secara langsung maupun tidak langsung. (*)

 

 
Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Pemerintah Garap 14 PSN Baru, Ada PIK 2 dan BSD ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/pemerintah-garap-14-psn-baru-ada-pik-2-dan-bsd.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut