get app
inews
Aa Read Next : Mudik Lebaran 2024 : Biar Lega 6 Tips Aman Tinggalkan Rumah untuk Mudik

Mudik Lebaran 2024 : Intip Mobil Bekas Paling Laris di Balai Lelang Jelang Lebaran

Kamis, 28 Maret 2024 | 05:01 WIB
header img
Peserta lelang banyak mengincar mobil tiga baris, dianggap paling cocok digunakan pulang ke kampung halaman.  (Foto: Dok iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Mudik Lebaran 2024 salah satu pemicu meningkatnya permintaan mobil bekas. Cara mendapatkannya bukan hanya dengan membeli di dealer mobil bekas atau di marketplace, tetapi juga melalui pelelangan.

Tren lelang semakin berkembang di Indonesia. Balai pelelangan PT JBA Indonesia mencatat bahwa pada tahun 2023, JBA Indonesia berhasil melelang lebih dari 130 ribu motor dan 170 ribu mobil di seluruh Indonesia. Angka ini naik sebesar 108 persen untuk motor dan 66 persen untuk mobil dibandingkan tahun 2022.

"Bicara tentang lelang pada awal tahun 2024, secara jumlah masih sangat baik, bahkan terjadi peningkatan," kata Chief Operating Officer JBA Indonesia, Deny Gunawan di Jakarta Selatan, Senin (25/3/2024).

Kapasitas Penumpang Banyak

Pada momen mudik Lebaran, Deny mengatakan bahwa minat di balai pelelangan mobil meningkat. Bahkan, transaksi masih terjadi satu pekan sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"Untuk Lebaran, situasinya sama seperti tahun lalu. Kita sudah melihat peningkatan dari dua bulan sebelum Lebaran hingga satu minggu sebelum Lebaran, transaksi penjualan biasanya meningkat sekitar 15 hingga 20 persen," ujarnya.

Pada momen tersebut, Deny mengungkapkan bahwa peserta lelang biasanya mengincar mobil dengan tiga baris kursi. Mobil ini dianggap paling cocok untuk digunakan saat pulang ke kampung halaman karena bisa membawa banyak anggota keluarga dan barang bawaan.

"Pemudik biasanya mencari mobil yang bisa membawa banyak penumpang dan barang, seperti Toyota Innova, Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia. Mobil LCGC juga banyak, tetapi jumlahnya tidak sebanyak mobil konvensional," jelasnya.

"Yang penting saat musim mudik adalah bisa mendapatkan mobil dengan kapasitas penumpang yang banyak. Jadi, yang paling diminati adalah mobil dengan tiga baris kursi, 7-seater," tambah Deny.

Terkait harga, mobil dengan tiga baris kursi yang ada di balai lelang JBA Indonesia memiliki kisaran harga antara Rp80 juta hingga Rp150 juta. Namun, Deny tidak memberikan detail mengenai tahun pembuatan mobil tersebut.

Meskipun demikian, dari kisaran harga tersebut, dapat disimpulkan bahwa mobil yang dilelang adalah produksi sebelum tahun 2013. (*)

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Intip Mobil Bekas Paling Laris di Balai Lelang Jelang Mudik Lebaran 2024 ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/intip-mobil-bekas-paling-laris-di-balai-lelang-jelang-mudik-lebaran-2024.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut