get app
inews
Aa Read Next : Vespa LX 125 i-Get Dikembalikan ke Pabrik di Cikarang, Viral karena Mogok Sesaat Keluar dari Dealer

Mudik Lebaran 2024 : Cegah Mobil Bermasalah di Jalan, 7 Hal Penting Harus Dicermati

Kamis, 28 Maret 2024 | 05:05 WIB
header img
Bagaimana agar mobil yang akan digunakan mudik Lebaran aman dan nyaman, serta tidak bermasalah di jalan? (Foto: Daihatsu)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Mudik Lebaran selalu saja ada kendala di luar prediksi. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari aturan buka-tutup jalan, macet total hingga kendaraan yang mogok di tengah perjalanan.

Selain memakan waktu dan energi, situasi tersebut juga dapat mempengaruhi kinerja kendaraan. Mesin mobil cenderung lebih cepat panas dan konsumsi bahan bakar meningkat.

Bagaimana agar mobil yang akan digunakan mudik Lebaran tetap aman, nyaman, dan bebas dari masalah di jalan? Dalam keterangan pers, pihak Daihatsu membagikan 7 tips penting dalam merawat mobil sebelum mudik:

1. Ganti Oli

Pelumas atau oli adalah komponen vital dalam mesin. Periksa dan ganti oli sebelum mudik, termasuk oli mesin, gardan, rem, power steering, dan lainnya. Pastikan untuk memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin.

2. Cek Kondisi Ban

Ban merupakan penggerak utama mobil, maka kondisinya harus diperhatikan secara teratur. Selain memeriksa tekanan ban, perlu juga melakukan spooring dan balancing untuk menjaga keseimbangan roda.

3. Cek Rem

Pastikan komponen rem dalam kondisi baik, termasuk minyak rem, kampas rem, dan piston rem.

4. Ganti Air Radiator

Air radiator berperan penting dalam meredam panas mesin. Mobil dengan tekanan kompresi tinggi disarankan menggunakan air radiator khusus untuk mencegah karat pada mesin.

5. Cek Aki dan Sistem Kelistrikan

Aki mobil adalah sumber daya utama sistem kelistrikan. Pastikan aki dalam kondisi baik untuk menjaga kinerja lampu, audio, dan mesin.

6. Lampu dan Wiper

Periksa kondisi lampu dan wiper secara rutin. Pastikan karet wiper berfungsi dengan baik untuk menjaga visibilitas saat berkendara, terutama saat hujan.

7. Servis AC

Pastikan AC mobil berfungsi dengan baik untuk kenyamanan selama perjalanan. Lakukan pengecekan filter pendingin, kondensor, dan evaporator untuk menjaga kinerja AC.

Dengan memperhatikan tujuh hal penting tersebut sebelum mudik Lebaran, diharapkan perjalanan bersama keluarga dapat berlangsung dengan aman, nyaman, dan tanpa masalah di jalan. (*)

 

 


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Cegah Mobil Bermasalah di Jalan, Perhatikan 7 Hal Penting Ini Sebelum Mudik Lebaran ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/cegah-mobil-bermasalah-di-jalan-perhatikan-7-hal-penting-ini-sebelum-mudik-lebaran.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut