Logo Network
Network

6 Cara Cek Skincare Aman untuk Kulit, Jangan Asal Oles

Elvira Anna
.
Rabu, 03 April 2024 | 10:35 WIB
6 Cara Cek Skincare Aman untuk Kulit, Jangan Asal Oles
Ilustrasi cara mengecek produk aman untuk kulit. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit, skincare telah menjadi salah satu kebutuhan yang tak terpisahkan dari gaya hidup modern. 

Dengan perkembangan zaman, produk-produk skincare lokal semakin berkembang, inovatif, dan beragam untuk menangani berbagai masalah kulit, khususnya wajah.

Meskipun bangga dengan produk lokal, penting bagi masyarakat untuk tetap jeli dan bijak dalam memilih produk yang sesuai dan aman untuk kulit mereka. 

Salah satu cara untuk memastikan keamanan adalah dengan memperhatikan bahan dan kandungan produk, serta manfaatnya bagi kulit.

Berkaca dari hal tersebut, sejak awal tahun 2024, MS Glow telah memulai kampanye #AmanTerpercaya. Inisiatif ini dilandaskan pada kepedulian terhadap banyaknya informasi yang dapat membuat masyarakat bingung. 

Pendiri MS Glow, Shandy Purnamasari, menekankan pentingnya produk kecantikan yang tidak hanya halal dan bersertifikasi BPOM, tetapi juga dibuat dengan bahan berkualitas dan telah melewati serangkaian pengujian keamanan yang ketat sebelum dipasarkan.

Ahli Kulit dan Kecantikan, dr. Naila Bilfaqih, Dipl. AAAM, menambahkan bahwa penting untuk memahami jenis kulit dan kandungan dalam produk skincare sebelum menggunakannya. 

Tidak perlu terburu-buru atau termakan informasi yang simpang-siur, karena pemilihan produk skincare yang salah dapat menyebabkan efek negatif, seperti iritasi, alergi, peradangan, bahkan kerusakan permanen pada kulit.

Berikut adalah beberapa langkah untuk memastikan keamanan produk skincare:

1.Melakukan Survei Harga: Harga yang terlalu rendah sering menjadi tanda produk palsu. Selalu periksa harga standar produk di toko resmi sebelum membeli.

2.Mengecek Barcode: Produsen skincare asli biasanya menempatkan barcode dan kode unik yang dapat dipindai. Situs resmi merek akan menyediakan informasi lengkap tentang produk.

3.Meneliti Kemasan, Tanggal Kadaluarsa, dan Label Produk: Produk asli memiliki kemasan rapi, kokoh, dan mencantumkan tanggal kadaluarsa serta informasi tentang komposisi. Produk palsu cenderung tidak memiliki informasi tersebut.

4.Mengecek Nomor BPOM: Pastikan produk memiliki nomor BPOM yang terdaftar dengan benar. Hindari produk tanpa nomor BPOM, karena kandungannya mungkin tidak aman.

5.Memperhatikan Isi Produk: Produk skincare asli memiliki tekstur homogen, mudah diserap kulit, dan aroma lembut. Warna produk juga tampak rata dan alami.

6.Melakukan Tes Reaksi Efek Produk: Sebelum penggunaan secara luas, lakukan tes di belakang telinga untuk memeriksa reaksi tubuh terhadap produk. Produk asli biasanya tidak menyebabkan reaksi negatif yang signifikan.

 

Dengan langkah-langkah ini, kita dapat memastikan bahwa skincare yang kita gunakan aman dan sesuai untuk kulit kita.(*)


 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Jangan Asal Pakai, Ini 6 Cara Cek Skincare Aman untuk Kulit  ".

 

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:

https://www.inews.id/apps

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini