get app
inews
Aa Read Next : Akun Telegram Diblokir? Tak Perlu Panik Dua Cara Mengembalikan

Jangan Panik Bila Motor Matic Tiba-Tiba Mati, Ini Solusinya

Selasa, 21 Mei 2024 | 05:07 WIB
header img
Motor matic tiba-Tiba Mati? Sejumlah hal yang bisa dilakukan pengguna. (Foto: SINDOnews/Arif Julianto)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pernah mengalami situasi di mana motor matic tiba-tiba mati saat dikendarai? Tentu saja, ini bisa menjadi situasi yang mengkhawatirkan dan membuat panik.

Namun, jangan khawatir, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini:

  1. Periksa Keamanan Diri: Langkah pertama adalah menepikan motor ke tempat yang aman dan jauh dari keramaian. Pastikan Anda memakai helm dan jaket untuk melindungi diri.
  2. Periksa Kunci Kontak: Pastikan kunci kontak motor dalam posisi "ON". Kadang-kadang, kunci kontak yang longgar atau kotor dapat menyebabkan motor mati.
  3. Periksa Bahan Bakar: Pastikan tangki bensin Anda tidak kosong. Motor matic akan mati jika tidak ada bahan bakar yang mengalir ke mesin.
  4. Periksa Starter: Cobalah tekan tombol starter beberapa kali. Jika starter tidak berputar, kemungkinan ada masalah pada baterai atau aki.
  5. Periksa Sekring: Periksa sekring yang terletak di bawah jok motor. Sekring yang putus bisa menyebabkan aliran listrik terputus dan motor mati.
  6. Periksa Busi: Busi yang kotor atau aus bisa menyebabkan motor mati. Cobalah untuk membersihkan atau mengganti busi dengan yang baru.
  7. Periksa Filter Udara: Filter udara yang kotor bisa menyumbat aliran udara ke mesin dan menyebabkan motor mati. Bersihkan atau ganti filter udara dengan yang baru.
  8. Periksa Oli Mesin: Pastikan oli mesin dalam kondisi yang baik. Oli mesin yang kurang atau kotor bisa menyebabkan mesin overheat dan motor mati.
  9. Bawa ke Bengkel: Jika Anda sudah mencoba semua langkah di atas dan motor masih mati, kemungkinan ada masalah yang lebih serius. Segera bawa motor ke bengkel terdekat untuk diperbaiki oleh mekanik yang berpengalaman.

Selalu lakukan perawatan motor matic secara rutin untuk mencegah masalah seperti ini terjadi. Selalu bawa toolkit kecil saat berkendara untuk melakukan perbaikan ringan. Juga, catat nomor telepon bengkel terdekat untuk berjaga-jaga jika Anda membutuhkan bantuan. (*)

 

 


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews. oleh Danang Arradian dengan judul "Motor Matic Tiba-Tiba Mati? Jangan Panik, Ini Solusinya!".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut