get app
inews
Aa Read Next : Oli Evalube Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan 1445 Hijriah

Wajib Tahu Sebelum Membayar Puasa Ramadhan, Begini Tata Cara dan Niatnya

Rabu, 17 April 2024 | 08:38 WIB
header img
Niat Membayar Puasa Ramadhan (Foto: Freepik)?

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Wajib tahu cara dan niat membayar puasa Ramadhan, yang juga dikenal sebagai puasa qadha, adalah kewajiban bagi setiap Muslim yang tidak memiliki uzur syar’i (halangan syariat).

Berdasarkan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an, Surah Al-Baqarah ayat 184:

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَۗ وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗۗ وَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ ۝١٨٤

ayyâmam ma‘dûdât, fa mang kâna mingkum marîdlan au ‘alâ safarin fa ‘iddatum min ayyâmin ukhar, wa ‘alalladzîna yuthîqûnahû fidyatun tha‘âmu miskîn, fa man tathawwa‘a khairan fa huwa khairul lah, wa an tashûmû khairul lakum ing kuntum ta‘lamûn

Maka, siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain.

Wajib Membayar Fidyah

Bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, itu lebih baik baginya dan berpuasa itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Dilansir iNews.id dari NU Online pada Selasa (16/4/2024), inilah niat membayar puasa Ramadhan:

Niat Membayar Puasa Ramadhan

 نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadhā’I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: Aku berniat untuk mengqadha puasa bulan Ramadhan esok hari karena Allah swt. Sebagai catatan, kesungguhan niat dalam menjalankan ibadah adalah bagian integral dari syarat diterimanya ibadah tersebut.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengingatkan, "Setiap amal bergantung pada niatnya" (HR. Bukhari dan Muslim). 

Jika seseorang beribadah tanpa kesungguhan hati, ibadahnya tidak akan diterima oleh Allah.Niat adalah suatu tindakan yang berakar dalam hati. 

Oleh karena itu, penting untuk diingat bahwa melafalkan niat secara verbal saat menjalankan ibadah, termasuk ketika membayar zakat fitrah, tidaklah diperlukan. 

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, sebagai teladan sempurna dalam beribadah, tidak pernah mengajarkan atau menggunakan kata-kata untuk menyatakan niat dalam pelaksanaan ibadah apapun. (*)

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Niat Membayar Puasa Ramadhan, Muslim Wajib Tahu! ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/lifestyle/muslim/niat-membayar-puasa-ramadhan-muslim-wajib-tahu.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

 


 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut