get app
inews
Aa Read Next : Demi Bebaskan 4 Sandera, Pasukan Israel Bunuh 210 Warga di Nuseirat Gaza

Israel Lancarkan Serangan Balasan ke Iran, Sebelumnya Amerika Serikat Diberi Tahu

Jum'at, 19 April 2024 | 20:13 WIB
header img
Israel menyerang Iran pada Jumat dini hari sebagai pembalasan, memicu kekhawatiran meningkatnya eskalasi di kawasan. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsSerpong.id -  Pada Jumat (19/4/2024) dini hari Israel menyerang Iran. Sejumlah media Amerika Serikat (AS), seperti ABC News, Fox News, dan CNN, mengutip sumber pejabat, melaporkan Israel telah memberi tahu pemerintah AS pada Kamis mengenai serangan tersebut.

Meski demikian AS menegaskan tak terlibat dalam serangan tersebut. Hal itu juga ditegaskan para pejabat, termasuk Presiden Joe Biden, beberapa hari sebelumnya bahwa AS tak akan ikut dalam pembalasan yang dilakukan Israel.

Belum ada Pernyataan Resmi

Sejauh ini belum ada pejabat dari Iran maupun Israel yang mengeluarkan pernyataan resmi mengenai serangan drone di beberapa provinsi tersebut.

Namun sumber pejabat Iran mengatakan masih mendalami sumber serangan.

Berdasarkan analisis sementara, serangan dilakukan dari dalam wilayah Iran menggunakan drone berukuran kecil. Sekalipun serangan dilakukan tak langsung dari wilayah Israel, bisa saja Negara Yahudi itu berada di baliknya.

Seperti diketahui, serangan juga terjadi di beberapa fasilitas militer Suriah dan Irak.

Dunia merespons serangan itu dengan kekhawatiran dampaknya bisa meningkatkan eskalasi di kawasan yang sudah panas tersebut sejak perang Israel-Hamas pada 7 Oktober. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut