get app
inews
Aa Read Next : Dikabarkan Gabung Suwon FC, Pratama Arhan Masih Tutup Mulut

Ini Profil Tokyo Verdy, Klub Pratama Arham Bergabung

Rabu, 16 Februari 2022 | 18:03 WIB
header img
Klub Liga 2 Jepang Tokyo Verdy berfoto bersama jelang musim 2022. (Foto: Instagram/tokyo_verdy)

CHOFU, iNews.Serpong.id – Pratama Arhan resmi bergabung dalam Tokyo Verdy, klub liga Jepang. Klub yang berbasis di daerah Chofu, Tokyo, ini dapat disebut sebagai tim tersukses dalam sepak bola Jepang.

Seperti apa profil Tokyo Verdy? Klub ini pertama kali berdiri pada 1969 dengan nama Yomiuri FC. Klub yang bermarkas di Ajinomoto Stadium ini lahir tak lepas dari latar belakang Timnas Jepang yang baru saja meraih medali perunggu di cabang sepak bola Olimpiade 1968.

Tokyo Verdy sudah memenangkan 25 gelar bergengsi di berbagai level dalam sepak bola Jepang. Yang paling bergengsi, 7 gelar Liga Jepang atau J League (dulu bernama JSL Division 1). Namun, gelar Liga Jepang yang dimenangkan Tokyo Verdy sudah sangat lama, tahun 1995.

Di era 1980-an hingga 1990-an awal, Tokyo Verdy klub yang sangat menakutkan di Jepang. Bahkan nama besar Tokyo Verdy sempat berkumandang di kancah Asia. Tokyo Verdy pernah menjadi juara Liga Champions Asia pada tahun 1987. Tokyo Verdy meraih status sebagai raksasa Benua Kuning usai mengalahkan Al-Hilal dengan status walk out setelah tim Arab Saudi itu kekurangan pemain yang dapat diturunkan.

Anda mungkin pernah mendengar nama Al-Hilal, itu tim yang sempat bertanding dengan Chelsea di Piala Dunia Antarklub 2021. Betapa besarnya nama Tokyo Verdy sampai pernah bertanding dengan Al-Hilal di final Liga Champions Asia.

Akan tetapi itu semua cerita masa lalu, Tokyo Verdy sudah tak lagi main di divisi teratas Liga Jepang sejak tahun 2009. Tak ubahnya raksasa yang tengah tertidur pulas, Tokyo Verdy mengalami kesulitan untuk bisa naik promosi ke Liga divisi 1 Jepang.

Musim lalu saja, Tokyo Verdy hanya finis berada di posisi ke-12 Liga Jepang. Oleh karena itu, Tokyo Verdy berharap banyak Pratama Arhan, salah satu bek kiri terbaik Indonesia saat ini bisa membawa mereka bangkit, setidaknya dimulai dari promosi dulu.

Kini Tokyo Verdy merekrut Pratama Arhan dari PSIS Semarang dengan status permanen. Sang pemain sangat senang dengan keberhasilannya direkrut Tokyo Verdy dan berjanji akan memberi yang terbaik.

“Halo semuanya. Saya Pratama Arhan, bek kiri timnas Indonesia. Saya sangat senang dapat bergabung dengan Tokyo Verdy, salah satu klub tersukses di Liga Jepang,” ujar Arhan pada video yang diunggah akun @TokyoVerdySTAFF Rabu (16/2/2022). “Saya ingin berkontribusi maksimal untuk Verdy yang akan memperjuangkan kembali ke kasta tertinggi Liga Jepang dengan kecepatan saya di sisi kiri, crossing, supply bola, dan lemparan throw in jauh ke dalam kotak penalti,” sambung pria asal Blora, Jawa Tengah, itu. (*)

Editor : Burhan

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut