get app
inews
Aa Read Next : Anak Lagi Ujian Sekolah? Ini 6 Doa Ibu untuk Anak Tersayang

Untuk Raih Hasil Terbaik, ini Doa Ujian Sekolah biar Lancar

Kamis, 13 Juni 2024 | 03:44 WIB
header img
Doa ujian Sekolah biar lancar (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Doa ujian Sekolah biar lancar merupakan bacaan doa yang untuk membantu siswa mengerjakan ujian dengan keberanian dan kepercayaan.  Doa adalah bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama saat menghadapi tantangan seperti ujian.

Berikut adalah beberapa doa ujian Sekolah biar lancar yang dilansir iNews.id dari berbagai sumber: 

 Doa ujian Sekolah biar lancar

1. Doa Memohon Kemudahan

Dari Anas bin Malik, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa” [artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah].

Hadits ini dikeluarkan oleh Ibnu Hibban dalam Shahihnya (3/255). Dikeluarkan pula oleh Ibnu Abi ‘Umar, Ibnus Suni dalam ‘Amal Yaum wal Lailah. (Lihat Jaami’ul Ahadits, 6/257, Asy Syamilah)

Sanad hadits ini shahih sebagaimana dikatakan oleh Syaikh Syu’aib Al Arnauth dalam tahqiqnya terhadap Shahih Ibnu Hibban.


2. Doa Meminta tambahan ilmu

 Allah ‘Azza Wajalla berfirman,

وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا 

“Dan katakanlah, ‘Ya Rabbi berilah aku tambahan ilmu’.” (QS. Thaha: 144)

Syekh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’diy rahimahullahu menjelaskan,

ولما كانت عجلته صلى الله عليه وسلم على تلقف الوحي ومبادرته إليه تدل على محبته التامة للعلم وحرصه عليه أمره الله تعالى أن يسأله زيادة العلم فإن العلم خير وكثرة الخير مطلوبة وهي من الله والطريق إليها الاجتهاد والشوق للعلم وسؤال الله والاستعانة به والافتقار إليه في كل وقت

“Di dalam bersegeranya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallama terhadap ilmu yang menunjukkan kecintaan beliau terhadap ilmu, Allah ‘Azza Wajalla memerintahkan agar beliau meminta tambahan ilmu. Karena ilmu adalah kebaikan dan memperbanyak kebaikan adalah hal yang diharapkan. Tidaklah hal tersebut, kecuali dari Allah. Jalan untuk mendapatkannya adalah dengan bersungguh-sungguh, cinta dengan ilmu, meminta kepada Allah, dan senantiasa butuh kepada-Nya di setiap waktu.” (Tafsir As-Sa’diy 514)

3. Meminta ilmu yang bermanfaat

Selain tambahan ilmu, yang paling penting dari yang seharusnya diminta oleh seorang pelajar adalah kebermanfaatan ilmu yang ia peroleh. Doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama,

للَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا ‌عَلَّمْتَنِي، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي، وَزِدْنِي عِلْمًا

“Ya Allah, berilah manfaat atas ilmu yang Engkau berikan kepadaku, ajarkanlah ilmu yang bermanfaat untukku, dan tambahkanlah ilmu untukku.” (HR. Tirmidzi no. 3599)

4. Berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat

Meminta perlindungan kepada Allah ‘Azza Wajalla dari ilmu yang tidak bermanfaat juga hendaknya dilakukan oleh setiap pelajar. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallama mengajarkan doa,

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بكَ مِن عِلْمٍ لا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لا تَشْبَعُ، وَمِنْ دَعْوَةٍ لا يُسْتَجَابُ لَهَا
“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari jiwa yang tidak pernah puas, dan dari doa yang tidak terkabulkan.” (HR. Muslim no. 2722)

Kapan Waktu Tepat Memanjatkan Doa untuk Memperoleh Ilmu?

Berdasarkan riwayat-riwayat yang membahas tentang doa untuk ilmu, tidak ada batasan waktu khusus untuk memanjatkan doa.
Namun, seorang Muslim dianjurkan untuk:

  • Memperbanyak doa sebelum belajar, kecuali membaca basmalah yang dianjurkan sebelum melakukan setiap kebaikan.
  • Memanjatkan doa di waktu-waktu mustajab, yaitu saat Allah SWT lebih mudah mengabulkan doa hamba-Nya.
  • Memanjatkan doa saat hendak memulai pelajaran, untuk memohon kelancaran dan pemahaman dalam belajar.
  • Hanya Allah SWT yang mengetahui waktu terbaik untuk mengabulkan doa. Oleh karena itu, perbanyaklah doa dan iringi dengan usaha dan kesungguhan dalam belajar, agar ilmu yang diperoleh bermanfaat dan diberkahi.


Demikianlah pembahasan doa ujian sekolah biar lancar. Semoga Allah mudahkan segala urusan kita khususnya yang tengah berjuang dalam ujian sekolah. 

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut