get app
inews
Aa Read Next : Dilantik Menjadi Menteri ESDM, Kekayaan Bahlil Lahadalia Mencapai Rp310 Miliar Lebih

Tungku Smelter ITSS Morowali Meledak Lagi, 2 Orang Jadi Korban

Jum'at, 14 Juni 2024 | 13:14 WIB
header img
Tungku smelter PT ITSS di Morowali, Sulteng, meledak pada Desember 2023 yang lalu. Foto: Dok

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Tungku Smelter ITSS Morowali meledak lagi pada Kamis, 13, Juni 2024 Wita membuat Menteri ESDM Arifin Tasrif buka suara.

Peristiwa Tungku Feronikel PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) meledak lagi terjadi pada malam hari sekitar pukul 22.00 Wita.

"Makanya mau diliat, mau ditinjau lagi, apa penyebabnya  Tungku Smelter Morowali meledak lagi," jelas Arifin saat ditemui di Direktorat Jenderal Minyak dan Gas (Ditjen Migas), Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Terkait sanksi, Arifin menyebutkan bahwa hal itu harus diputuskan oleh Kementerian Perindustrian. Ia mengaku, pihaknya hanya memberikan saran agar keamanan pabrik tetap dijaga.

"Harusnya di (Kementerian) Perindustrian, kita kasih saja aja, supaya keamanan pabrik," urainya. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, ledakan kembali tungku Feronikel PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) yang kembali mengalami ledakan setelah tragedi 24 Desember 2023 lalu yang menelan banyak korban jiwa dan luka-luka.

"Engga ada ya," sambung Arifin ketika ditanya perihal adanya sanksi yang tegas karena ledakan terjadi di tungku yang sama. 

Sebelumnya, Ketua Serikat Buruh Industri Pertambangan dan Energi (SBIPE) IMIP Morowali, Henry menyayangkan ledakan ulang di tungku Feronikel di PT ITTS yang terjadi pada 13, Juni 2024 pukul 22.00 wita. 

Henry bilang, setidaknya terdapat dua orang buruh menjadi korban masing-masing atas nama Jekmaryono dan Yudarlan . Kedua korban saat ini dalam penanganan kesehatan di rumah sakit Bungku kabupaten Morowali, provinsi Sulawesi Tengah. 

Sehingga menurut Henry, hql ini menunjukan tidak ada perbaikan yang berarti dilakukan oleh PT. ITSS untuk melakukan pencegahan kecelakaan kerja dan perlindungan terhadap buruh sehingga kecelakaan yang sama terulang kembali dibagian dan tempat yang sama.

"Oleh karenanya sangat penting untuk dilakukn audit menyeluruh melalui tim independen yang melibatkan serikat buruh, sebagaimana yang kami sampaikan saat tragedi ITSS Desember 2023 yang lalu," tegas. 

Oleh karena itu Henry mendesak perusahaan harus bertanggungjawab atas kejadian ini dan memastikan penanganan yang baik terhadap korban termasuk pemenuhan seluruh hak mereka. 

"Kami juga menyampikan bahwa korban tragedi ITTS 2023 lalu masih belum tuntas ditangani oleh perusahaan dan kami sedang mendampingi para korban untuk memastikan dipenuhinya hak mereka yang sampai saat ini masih belum terpenuhi oleh pihak perusahaan," tutup Henry.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut