get app
inews
Aa Read Next : VIRAL : Sebelum Disembelih, Domba Lari Naik Genteng Rumah

Begini Ciri-Ciri Domba Pilihan Rasulullah SAW yang Disembelih saat Idul Adha

Jum'at, 14 Juni 2024 | 19:54 WIB
header img
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam semasa hidupnya melaksanakan ibadah kurban saat Hari Raya Idul Adha berupa hewan domba. Foto: Unsplash

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam semasa hidupnya melaksanakan ibadah kurban saat Hari Raya Idul Adha berupa hewan domba.

Lantas bagaimana ciri-ciri domba yang menjadi pilihan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam untuk disembelih. Ustaz Zaidul Akbar pun mengungkapkan ciri-ciri domba yang menjadi pilihan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Ustaz Zaidul Akbar selain sebagai pendakwa juga seorang dokter umum lulusn Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK UNDIP) Semarang, Jawa Tengah. Ustaz Zaidul Akbar menjadi mahasiswa FK Undip tahun 1997 dan lulus tahun 2003.  

Kembali lagi soal domba pilihan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam disampaikannya lewat akun Instagramnya @zaidulakbar pada Jumat (14/6/2024).

“Rasulullah saat berkurban, kurbannya Amlain dan Akroin, Artinya domba Rasulullah saat kurban itu disebutkan begini, Amlah, bulunya putih, melihat dengan hitam (ada lingkaran hitam dimata ), berdiri dengan hitam (kakinya hitam), duduk dengan hitam (bagian perut hitam),” jelas Ustaz Zaidul Akbar.

“Dan baginda Rasulullah berkurban dengan dua amlah dan akroin yang artinya dua domba Jantan, Bertanduk besar, gemuk besar,” sambungnya.

Lebih lanjut dr Zaidul Akbar mengatakan kalau ada domba dengan ciri-ciri seperti itu maka wajib dibeli. Karena Rasulullah berkurban dengan dua domba dengan ciri-ciri seperti itu.

“Baginda Rasulullah bersabda ‘peliharalah Kambing karena di dalamnya ada keberkahan’. Mengapa barokah, karena kambing itu bisa dipakai buat pakaian, makanan, minuman dan yang memeliharanya akan diberikan Ketenangan oleh Allah dan kelembutan, begitu menurut ulama,” paparnya.

Dokter Zaidul Akbar sempet mengecek kambing dan domba amlah, ia nengatakan sudah didapatkan di Indonesia. Kalaupun ada harga jualnya bisa seperti seekor sapi. 

“Tapi ya barangnya gak ada, itu yang di foto saya, punya sahabat saya, gak mau dia jual, ganteng yaa dombanya.. enak dipandang..dan gagah gitu, melembutkan hati yang memandang,” tutup dr Zaidul Akbar.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut