get app
inews
Aa Read Next : Percantik Tampilan Hewan Kurban Jelang Idul Adha 

Bisa Bertemu Penyu di Pantai, 6 Desa di Cilacap Layak Dikunjungi

Kamis, 11 Juli 2024 | 08:07 WIB
header img
6 Desa di Cilacap Sangat Menakjubkan, jika Beruntung Bisa Bertemu Penyu di Pantainya (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Keindahan alam yang ada di Cilacap sangat menarik untuk dijelajahi. Mendengar kata Cilacap tentu identik dengan penjara tahanan seumur hidup, yaitu Pulau Nusakambangan.

Meski terdengar mengerikan, ternyata di balik itu ada keindahan alam menakjubkan yang bisa dinikmati. Ya, Cilacap memiliki pantai putih bersih, benteng kuno, curug, hingga laguna menakjubkan.

Namun, bagi yang ingin menikmati suasana berbeda di Cilacap, Anda harus singgah ke berbagai desa kecilnya yang memiliki pemandangan layaknya surga tersembunyi. Penasaran, di mana saja desa-desa kecil menakjubkan yang tersembunyi tersebut? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (8/7/2024).

Desa di Cilacap

1. Desa Jetis

Desa Jetis di Cilacap harus dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup. Desa ini menawarkan Pantai Jetis dengan pemandangan laut yang memukau dengan pasir putih dan ombak yang tenang. Cocok untuk berenang dan bersantai. Pantai ini berada di ujung timur Cilacap tepatnya di Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu. Jarak tempuh dari pusat Kota Cilacap sekitar 47 km atau 1 jam 15 menit perjalanan. Pantai ini berbatasan langsung dengan Pantai Ayah di Kebumen.

2. Desa Klaces

Berada di desa ini jangan lewatkan untuk singgah ke Pantai Teluk Penyu. Pantai ini terkenal dengan pemandangan indah dan adanya penangkaran penyu. Pengunjung bisa melihat penyu-penyu yang dilepaskan ke laut. Desa ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, membuat Cilacap juga memiliki jajaran pantai yang indah. Panorama pantainya sangat indah dengan latar belakang Pulau Nusakambangan yang hijau. Senja juga jadi waktu terbaik untuk menikmati panorama di pantai ini. Desa Klaces berlokasi di Kecamatan Kampung Laut, Cilacap.

3. Desa Slarang

Desa Slarang menawarkan pemandangan pegunungan dan perbukitan yang indah. Udara segar dan lingkungan yang tenang membuat desa ini menjadi tempat yang ideal untuk relaksasi. Tanahnya yang subur juga memungkinkan tumbuhnya berbagai jenis tanaman, menambah keindahan alam sekitar. Selain memiliki pemandangan alam menakjubkan, jangan lewatkan untuk singgah ke Goa Maria Ratu. Ini adalah tempat ziarah yang sering dikunjungi umat Katolik. Tempat ini menawarkan ketenangan dan pemandangan alam yang asri. Desa Slarang berlokasi di Kecamatan Kesugihan, Cilacap.

4. Desa Karangbenda

Desa Karangbenda memiliki pemandangan pantai menakjubkan dengan pasir putih dan ombak yang besar. Kehidupan nelayan dan panorama laut yang luas membuat desa ini sangat memesona. Selain itu, terdapat area pertanian yang subur di sekitar desa yang menambah variasi pemandangan. Ya, desa ini juga terkenal dengan Pantai Widarapayung, cocok untuk berselancar. Selain itu, ada banyak warung seafood di sekitar pantai. Desa Karangbenda berlokasi di Kecamatan Adipala, Cilacap.

5. Desa Karanganyar

Desa Karanganyar memiliki banyak peninggalan sejarah yang memberikan nuansa berbeda. Selain benteng kuno, desa ini juga dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah seperti hutan dan perkebunan. Keunikan arsitektur rumah-rumah dan kehidupan sehari-hari masyarakatnya menambah daya tarik desa ini. Jangan lewatkan untuk singgah ke destinasi Benteng Pendem. Benteng peninggalan Belanda ini memiliki sejarah panjang. Tempat ini menawarkan wisata sejarah dan arsitektur kuno. Desa Karanganyar, berlokasi di Kecamatan Adipala, Cilacap.

6. Desa Tritih Kulon

Desa Tritih Kulon dikelilingi pepohonan cemara yang menjulang tinggi dan memberikan keteduhan. Pantai yang bersih dengan pasir putih dan deretan pohon cemara membuat desa ini sangat indah dan nyaman untuk dikunjungi. Kehidupan desanya sederhana dengan pemandangan alam yang menawan menjadikan tempat ini layak untuk dijelajahi. Jangan lewatkan untuk singgah Pantai Cemara Sewu, memiliki pohon cemara yang tumbuh di sepanjang pantai. Memberikan nuansa sejuk dan indah. Pantai ini juga cocok untuk piknik dan bermain pasir. Desa Tritih Kulon berlokasi di Kecamatan Cilacap Utara, Cilacap.

Itulah seputar keindahan desa-desa di Cilacap yang harus dikunjungi minimal sekali dalam seumur hidup. Masing-masing desa memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang membuatnya menarik untuk dikunjungi. Selamat berkunjung!

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut