get app
inews
Aa Read Next : Dalam Orasi Ilmiah, Bachtiar A Kusuma Mengajak Mahasiswa Baru UIN Alauddin Tingkatkan Budaya Baca

Orangtua Wajib Paham Penggunaan Gadget Sehat untuk Anak

Senin, 15 Juli 2024 | 19:45 WIB
header img
Bachtiar Adnan Kusuma (tengah) menyerahkan wakaf buku kepada Ketua Germas dan Ketua DKM Masjid Tua Al-Hilal Katangka, Jl.Syekh Yusuf, Minggu 14 Juli 2024. (Foto: Ist)

MAKASSAR, iNewsSerpong.id - Kemajuan teknologi digital telah menguasai seluruh aktivitas kehidupan manusia. Kemajuan peradaban ini tidak bisa dihindari oleh siapa pun. Hal itu diungkapkan Tokoh Literasi Nasional, Bachtiar Adnan Kusuma.

“Anak-anak kita tidak lagi mau bersusah-susah, apalagi berproses panjang, semua serba instant. Belanja makanan, transportasi, finansial, sistem pembelajaran serba disruption dengan memanfaatkan fitur dan kemajuan teknologi ala Gadget atau gawai” kata Bachtiar Adnan Kusuma, di depan Jamaah Masjid Tua Al-Hilal Katangka, Jalan Syekh Yusuf, Ahad 14 Juli 2024.

Akrab dengan Handphone

Menurut pria yang akrab dipanggi Bang BAK, nyaris separuh anak-anak usia dini telah menggunakan gadget mengakses internet. “Total 33,44 % anak-anak usia dini Indonesia telah menggunakan handphone. Bayangkan anak-anak usia 5 hingga 6 tahun sudah akrab dengan handphone," ujarnya.

Karena itu, Bang BAK mengajak jamaah Masjid Tua Katangka khususnya orang tua memiliki pengetahuan tentang penggunaan gadget yang sehat. “Orang tua dan guru-guru  perlu mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menjaga keseimbangan antara penggunaan gadget dan kegiatan fisik serta kegiatan sosial," terangnya.

Karena itu, para orang tua dan guru sebaiknya menetapkan aturan dan jadwal penggunaan gadget yang seimbang antara jadwal belajar sekolah dan jadwal kapan bisa menggunakan gadget.

“Penggunaan gadget di kalangan anak-anak sebaiknya orang tua, guru khususnya umat Islam mengajarkan cara sehat menggunakan gadget dengan mengatur durasi waktu penggunaannya secara teratur," jelasnya. (*)


Jamaah Masjid Tua Al-Hilal Katangka, Jalan Syekh Yusuf, bersama Bachtiar Adnan Kusuma,  Ahad 14 Juli 2024. (Foto: Ist)

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut