get app
inews
Aa Read Next : Perkuat Timnas Indonesia, PSSI Disinyalir Bayar Pemain Naturalisasi, Benarkah?

Proses Naturalisasi Lancar, Jordi Amat Bisa Bela Timnas Indonesia

Sabtu, 26 Februari 2022 | 11:12 WIB
header img
Mantan bek Espanyol Jordi Amat ngebet perkuat Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/jordiamat5)

JAKARTA, iNews.Serpong.id – Proses naturalisasi Jordi Amat tidak mengalami kendala. Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani mengungkapkan, pemain 29 tahun itu bisa membela Timnas Indonesia karena tidak bertentangan dengan aturan FIFA.

Proses naturalisasi sempat mengalami sedikit kendala. Pasalnya, dokumen naturalisasi Jordi Amat dikembalikan Kemenpora kepada PSSI karena dinilai pernah membela Timnas Spanyol di usia muda.

Mantan pemain Swansea City itu memang pernah bermain di Timnas Spanyol U-16 hingga U-21. Pada 2014, dia memainkan 15 pertandingan bersama Timnas U-21 Spanyol. Itu membuat Kemenpora ragu karena tidak ingin ada masalah seperti yang pernah dialami Ezra Walian.

Namun kini, Hasani mengungkapkan, tidak ada masalah dengan hal tersebut. Saat ini, PSSI melanjutkan proses naturalisasi Jordi Amat karena yakin sang pemain bisa membela Timnas Indonesia tanpa terganjal aturan FIFA.

“Setelah meeting secara maraton dua hari berturut, federasi menyimpulkan proses naturalisasi Jordi Amat tidak ada kendala dan akan diteruskan,” tulis Hasani dalam akun instagram pribadinya, Sabtu (26/2/2022). “Jordi tetap dibolehkan membela Timnas karena tidak bertentangan dengan amandemen baru tentang article. 9.2. (Perpindahan Federasi di dalam Regulations Governing the Application of the Statutes di Statuta FIFA 2020).”

Ini kabar yang menggembirakan mengingat Skuad Garuda akan tampil di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023. Besar harapan, Jordi yang saat ini bermain di KAS Eupen itu bisa bermain di ajang tersebut.

Jordi Amat salah satu pemain berdarah Indonesia yang akan menjalani proses perpindahan menjadi WNI. Dia memiliki darah Indonesia dari sang nenek yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan. (*)

Editor : Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut