get app
inews
Aa Read Next : Luna Bijl Kekasih Maarten Paes, Model Cantik Berdarah Belanda

Maarten Paes Belum Bisa Perkuat Timnas Indonesia Lawan Arab Saudi

Rabu, 21 Agustus 2024 | 17:21 WIB
header img
Maarten Paes, penjaga gawang Dallas FC yang sudah menjadi WNI. (Reuters/iNes.id)

JAKARTA, iNews.Serpong.id - Maarten Paes belum bisa bermain saat Timnas Indonesia melawan Arab Saudi pada matchday pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga melawan Arab Saudi berlangsung di King Abdullah Sports City, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. 

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga menuturkan, menurut aturan AFC, kiper naturalisasi berusa 26 tahun ini belum bisa didaftarkan untuk pertandingan itu. PSSI patuh pada aturan tersebut.

Maarten Paes baru resmi memenangkan gugatan di siding Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) pada 18 Agustus 2024. Kini, dia telah merampungkan perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) dan PSSI (Indonesia). 

“Nah di sini ada peraturan AFC. AFC mengatakan kita harus mendaftarkan pemain untuk match pertama (lawan Arab Saudi) tanggal 5 Agustus. Sementara kemarin prosesnya baru selesai kemarin (tanggal 18 Agustus),” tutur Arya dikutip dari kanal Youtube Arya Sinulingga, Rabu (21/8/2024). “Jadi Maarten Paes belum bisa bermain melawan Arab Saudi.” 

Arya mengatakan, Maarten baru bisa didaftarkan dan kemudian dimainkan saat Timnas Indonesia melakoni laga kedua putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertandingan itu mempertemukan Timnas Indonesia versus Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada 10 September 2024.

“Kapan bisa bermain? Nah peraturan AFC berikutnya bahwa untuk match kedua dan sampai 10, ya, di round 3, itu pendaftaran pemain tujuh hari sebelum pertandingan. Kita lawan Australia tanggal 10 September, berarti batasnya tanggal 3 September,” Arya menjelaskan. (*)

Editor : Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut