get app
inews
Aa Read Next : Awal Pekan,  IHSG Terkoreksi 0,01 Persen ke 6.879

Beli Saham Saat IPO, Ini Untung Ruginya Beli Saham Perdana yang Wajib Diketahui Investor

Rabu, 13 April 2022 | 14:41 WIB
header img
Ini Lho, Untung Rugi Beli Saham IPO yang Wajib Diketahui Investor. (Foto: IDXChannel)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Beli saham pada saat penawaran perdana saham gimana sih, apa untung ruginya? Pertanyaan ini selalu muncul dikalanganinvestor pemula. Nah penasaran kan bisa ga dapat untung atau justru malah rugi.  

Investor perlu mengetahui untung rugi beli saham IPO atau Initial Public Offering sebelum memutuskan berinvestasi saham IPO. Seperti yang diketahui, saham IPO banyak diminati para investor karena dinilai dapat terbentuk stabil dan mencapai ARA (auto reject atas). Ada sejumlah anggapan bahwa saham IPO akan langsung terbang tinggi ketika memasuki bursa. Potensi inilah yang menarik para investor. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui untung rugi membeli saham IPO agar investasi Anda mencapai keuntungan sesuai yang diharapkan. IDXChannel merangkum untung rugi beli saham IPO sebagai berikut. 

Untung Rugi Beli Saham IPO

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika membeli saham IPO. Beberapa keuntungan tersebut antara lain sebagai berikut. 

1. Potensi Profit di Hari Pertama Listing

Salah satu keuntungan jika membeli saham IPO adalah mendapatkan profit yang besar di hari pertama emiten listing di bursa. Potensi keuntungan ini bisa mencapai dua kali lipat di hari pertama saham tersebut listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hal ini lantaran pergerakan saham IPO di hari pertamanya listing di bursa berpotensi meningkat signifikan.  

2. Potensi Mendapat Perusahaan Berfundamental Baik

Ketika Anda membeli saham IPO, ada kemungkinan besar Anda mendapatkan perusahaan yang memiliki fundamental yang baik. Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan emiten yang memiliki kinerja dan fundamental yang baik dengan bisnis yang bersifat jangka panjang. Dengan demikian, harga saham dapat naik hingga berkali-kali lipat dari harga penawaran pertamanya.  

3. Harga Saham Sudah Ditetapkan

Harga saham IPO juga sudah ditetapkan di awal penawaran sehingga investor tidak perlu merasa khawatir akan ketinggalan dan membeli saham di harga yang mahal jika saham mengalami kenaikan harga. 

4. Saham dapat Dijual dengan Cepat

Saham IPO yang Anda beli bisa Anda jual kapan saja. Anda juga bisa menjualnya dalam waktu yang singkat. Ketika nilai saham melejit di hari pertamanya listing, investor bisa menjual saham IPO kapan saja untuk mendapatkan keuntungan itu. 

5. Mendapatkan Saham di Harga Murah

Aktivitas IPO dapat memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan saham di harga yang murah. JIka Anda ingin mengoleksi saham-saham di harga yang murah, Anda tentu akan sangat diuntungkan dari adanya saham IPO. Namun, Anda tentu harus tetap memperhatikan fundamental perusahaan tersebut. Sebab, tak sedikit perusahaan yang kinerjanya justru merosot pasca IPO. 

6. Menikmati Pertumbuhan Dividen sejak Dini

Sudah bukan rahasia lagi bahwa beberapa perusahaan melakukan IPO untuk mendapatkan pendanaan demi melakukan ekspansi bisnisnya. Jika ekspansi bisnisnya sukses dan laba menumpuk, Anda sebagai pemilik saham perusahaan yang IPO ini pun akan turut merasakan dividen-nya. Tidak menutup kemungkinan bahwa ekspansi bisnis yang dilakukan perusahaan tersebut benar-benar menghasilkan laba yang besar di masa depan.

Itulah beberapa untung rugi beli saham IPO yang bisa Anda dapatkan ketika berinvestasi di saham IPO.  Jika Anda dapat menganalisis dengan baik perusahaan yang IPO, Anda tentu akan mendapatkan potensi keuntungan tersebut ketika membeli saham IPO.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut