get app
inews
Aa Read Next : Ramadan Punya Cerita Tampilkan Tari Seudati, Saksikan di Aeon Mall BSD City

BSD City Operasikan Kendaraan Listrik Tanpa Awak, Uji Coba di Q Big dan Kawasan Green Office Park

Jum'at, 20 Mei 2022 | 15:17 WIB
header img
Kendaraan Listrik Tanpa Awak Telah Beroperasi di BSD City (Dok.MNC)

SERPONG CITY, iNewsSerpong.id – BSD City mengoperasikan Kendaraan listrik tanpa awak atau autonomous electric vehicles (AV)di Q Big BSD City dan Kawasan BSD Green Office Park, Tangerang Banten.

Kendaraan listrik otonom asal Prancis dengan merek dagang Navya varian Arma. Adapun jumlah penumpang yang bisa diangkut mencapai 15 orang, dengan formasi 11 orang duduk dan 4 orang berdiri.

Untuk spesifikasinya, Navya Arma berdimensi 4,7 m x 2,1 m. Kendaraan penumpang yang satu ini memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam.

Navya Arma dilengkapi beragam sensor seperti GPS dan LIDAR yang dipadu dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, yang kemudian akan diproses oleh komputer yang tertanam di mobil.

Transportasi listrik tanpa awak ini juga mampu berakselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom.

Navya Arma sendiri dihadirkan oleh Sinar Mas Land yang bekerja sama dengan Mitsubishi Corporation. Saat ini pengoperasiannya masih dalam tahap uji coba namun masyarakat sudah bisa menikmatinya.

Masyarakat umum dapat turut mencoba kendaraan listrik otonom ini dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati kendaraan, melalui aplikasi OneSmile.

Peresmian uji coba moda transportasi listrik Navya Arma dilakukan hari Ini, Jumat (20/5/2022). Peresmian dihadiri oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub), Budi Karya Sumadi.

Dalam sambutannya, Menhub Budi Karya Sumadi mengapresiasi hadirnya kendaraan listrik otonom Navya Arma ini. Ia menyebut proyek ini untuk menjadi inovasi yang baik untuk Indonesia.

"Kehadiran AV menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi karbon, mengurangi kemacetan, dan tepat waktu. Semoga dapat dicontoh oleh tempat-tempat lain," kata Menhub Budi Karya Sumadi.

"Pemerintah juga berminat mengoperasikan kendaraan otonom ini di Ibu Kota Nusantara (IKN). Bisa jadi salah satu solusi transportasi. Karena itu kita akan dukung penuh pengembangannya," pungkasnya.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut