get app
inews
Aa Text
Read Next : Kampanye Akbar Maesyal-Intan Dimeriahkan D'Masiv di Lapangan Ciakar Panongan

Apa Itu Digital Marketing: Pengertian, Contoh, Dan Strateginya

Senin, 30 Mei 2022 | 11:09 WIB
header img
Seiring perkembangan teknologi, profesi dan gaji digital marketing di Indonesia pun banyak dicari tahu oleh pelamar kerja. Simak selengkapnya. (Foto: Ilustrasi/Pixabay)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Apa itu digital marketing? Mungkin pertanyaan ini sering muncul di benak kamu belakangan ini. Pasalnya, istilah digital marketing kini populer seiring kemajuan teknologi digital. 

Secara sederhana, digital marketing adalah suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet, yang sering Anda temui saat membuka media sosial, aplikasi, atau situs internet. 

Semakin sering kamu menggunakan jaringan internet, maka semakin banyak jenis digital marketing yang dapat kamu temukan. Pasalnya, digital marketing yang tampil di situs internet atau media sosial kamu biasanya disesuaikan dengan hal-hal yang kamu sukai atau sering kamu cari saat berselancar di dunia digital. 

Berikut pengertian, contoh, dan strategi digital marketing yang dirangkum iNews dari berbagai sumber: 

Pengertian Digital Marketing 

Berbeda dengan marketing pada umumnya, digital marketing memiliki keunggulan karena menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat dan tepat. Itu sebabnya, sejumlah ahli memberi beberapa pengertian mengenai digital marketing, sebagai berikut: 

1. Kleindl dan Burrow (2005)

Pengertian digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi.

Secara sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.

2. Heidrick & Struggles (2009)

Digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.

3. Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009)

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media. Sebagai contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.

Contoh Digital Marketing

Berdasarakan pengertiannya, terdapat beberapa contoh digital marketing yang dikategorikan berdasarkan tujuan dan kebutuhan setiap perusahaan untuk memasarkan profil atau produk mereka:

1. Email Marketing
Anda dapat memberitahu informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa terbaru.

2. Website
Website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis Anda, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah.

3. Social Media Marketing
Edarkan platform di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Linkedln, karena dapat dilakukan dengan biaya yang minim bahkan gratis. Ini tentu saja dapat meningkatkan brand perusahaan.

4. Video Marketing
Dengan cara ini, Anda dapat langsung menjelaskan tentang bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan.

5. Online Advertising
Media promosi melalui internet dengan berbayar. Ini dapat mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang sebelumnya.

6. Search Engine Marketing
Upaya untuk membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari. Search Engine Marketing terbagi atas Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). SEO dilakukan sendiri dengan waktu yang lebih lama dan murah sedangkan SEM berbayar tetapi lebih cepat.

Strategi Digital Marketing

Untuk mengoptimalkan peran digital marketing, ada beberapoa strategi yang biasanya diterapkan atau digunakan oleh setiap perusahaan. Tujuannya, agar mudah menjaring target pasar atau konsumen, sesuai dengan produk yang dipasarkan.

Berikut beberapa strategi digital marketing yang biasanya digunakan:

1. Content Marketing
Merencanakan, membuat serta membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli.

Konten ini dapat dibuat dalam bentuk unggahan blog, media sosial, artikel, e-book, indografis serta brosur online.

2. Otomatisasi Pemasaran
Otomatisasi Pemasaran merupakan teknik otomatisasi tugas-tugas secara berulang. Tugas-tugas seperti alur pekerjaan, susunan unggahan konten serta laporan kampanye. Otomatisasi ini dapat dilakukan di kanal digital seperti email dan  media sosial.

3. Pay-Per-Klik (PPC)
PPC adalah cara untuk mengarahkan traffic ke situs Anda dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords, Anda bayar lalu mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan dikenakan biaya setiap kliknya.

4. Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian. Untuk menjadi peringkat teratas, Anda perlu memahami bagaimana sistem mesin pencari. Media yang dapat digunakan seperti website, blogs dan indografis.

Nah, sudah tahu kan apa Itu Digital Marketing: Pengertian, Contoh, dan Strateginya? Semoga bermanfaat.  (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut