get app
inews
Aa Read Next : Marcell Siahaan Bebaskan Anak, Tanpa Paksaan Ikut Jejaknya Sebagai Mualaf

Kisah Bos JNE Johari Zein, Crazy Rich Mualaf Yang Gemar Sedekah, Target Bangun 99 Masjid

Kamis, 02 Juni 2022 | 13:59 WIB
header img
Kisah Inspiratif Bos JNE, Crazy Rich yang Jadi Mualaf dan Rajin Sedekah. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Memiliki kesuksesan merupakan impian semua orang yang bekerja. Nah salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan adalah dengan bersedekah.

Hal ini yang dipraktekkan Bos JNE Johari Zein, dengan berbekal sedekah ia bisa menjadi seorang crazy rich, terlebih lagi dirinya adalah seorang mualaf. Nah penasaran kan gimana kisahnya?  

Johari Zein, seorang keturunan Tionghoa yang menjadi pendiri sekaligus Presiden Komisaris PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. 

Membangun bisnis dengan landasan spiritual yang kuat membuat kisah sukses Johari sangat menginspirasi banyak orang. Bagaimana kisah inspiratif bos JNE ini? IDXChannel merangkumnya sebagai berikut. 

Kisah Inspiratif Bos JNE, Johari Zein

Johari Zein merupakan pria kelahiran Medan, Sumatera Utara pada 1954. Ia yang hidup di tengah keluarga dengan kepercayaan Buddha ini memutuskan menjadi mualaf saat menginjak dewasa.

Sebagai seorang mualaf, Johari Zein mengakui bahwa berbekal penerapan ilmu Islam dalam usahanya, ia mampu mencapai kesuksesan. Pria mualaf ini mengaku bahwa apa yang berhasil dicapainya hari ini berkat dirinya yang kerap bersedekah. 

Semenjak dirinya menjadi mualaf, ia menjadikan Alquran sebagai pedoman hidupnya. “Kalau sudah mengenal Al Qur’an, insya Allah kita tidak akan tersesat.” ujar bos JNE ini dalam sebuah wawancara. 

Salah satu ajaran Islam yang diterapkan dalam kehidupannya adalah bersedekah dan menyantuni anak yatim. Ia juga menuturkan bahwa perjuangannya merintis bisnis menjadi lebih ringan berkat sedekah yang selalu dilakukannya. Meski pada awal merintis bisnisnya penghasilannya masih kecil, ia tetap istiqamah melakukan sedekah. 

Bisnis yang dijalankannya berangsur tumbuh sejak online selling mulai merebak pada 2010. Johari bahkan mengaku mendapatkan penghasilan hingga mencapai Rp1 triliun dalam satu tahun dan naik setiap tahun-tahun berikutnya. Johari meyakini bahwa keberhasilannya ini dari sedekah yang konsisten dilakukannya. 

“…Naik setiap tahunnya 30 sampai 40 persen. Itu menurut saya keajaiban dari sedekah,” jelas Johari.

Berniat Membangun 99 Masjid

Johari Zein adalah pengusaha Muslim yang patut untuk dicontoh. Keberhasilan JNE saat ini selalu diyakininya karena pertolongan dari Allah SWT. Selama 29 tahun menjalankan bisnisnya, ia selalu menjadikan sedekah dan ilmu spiritual sebagai pendamping setiap usaha yang dilakukannya. 

Yang lebih mengagumkan dari sosok di balik JNE ini adalah mimpinya yang ingin membangun 99 masjid. Ke-99 masjid ini nantinya akan dinamakan dengan nama Asmaul Husna. 

Keinginan untuk membangun masjid ini sudah lama dimiliki Johari. 

Ia bahkan berdoa dalam ibadah umrah yang dilakukannya pada 2009 silam agar niatnya ini diijabah Allah SWT. Agar rencananya ini segera tercapai, Johari Zein pun membentuk Johari Zein Foundation. Yayasan ini ditujukan untuk membangun masjid di delapan penjuru dunia.  

Itulah kisah inspiratif bos JNE, Johari Zein yang selalu menerapkan sedekah dalam setiap bisnisnya. Berkat kebaikannya yang selalu konsisten untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan ini berhasil mengantarkan JNE sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa pengiriman jasa yang terbesar di Indonesia.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut